DESAIN RUMAH

DESAIN RUMAH

Rumah tinggal bisa dikatakan menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang terutama yang sudah memiliki keluarga. Rumah tinggal merupakan sebuah bukti akan kemapanan dan dalam beberapa kasus juga menggambarkan karakter pemiliknya. Rumah tinggal juga adalah sebuah investasi jangka panjang dan bahkan seumur hidup.  Dan lebih dari itu, rumah adalah tempat beraktivitas dan bersantai bagi keluarga. Tempat mereka beristirahat dengan nyaman setelah melakukan rutinitas  hidup setiap harinya. Maka akibat yang terjadi ketika sebuah rumah tinggal keliru dikerjakan akan mengakibatkan cibiran orang lain, nilai jualnya flop seiring waktu berjalan dan tidak bisa mensupport aktivitas anggota keluarga dengan baik yang sehingga mereka tidak nyaman berada di dalamnya. Maka sudah selayaknya dalam membangun sebuah rumah tinggal harus disertai dengan perencanaan yang matang. Dan disinilah peran seorang arsitek menjadi sangat diperlukan.

Jadi, Mengapa butuh Arsitek dalam membangun atau merenovasi rumah??

Seorang arsitek telah mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan dalam profesinya untuk mendesain sebuah bangunan yang baik untuk dihuni dan memenuhi syarat secara struktur, fungsi dan estetika serta memiliki kemampuan untuk memberi solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan struktur, fungsi dan estetika bangunan tadi.

Seorang arsitek bisa menganalisa bujet pembangunan rumah tinggal dengan merancang Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dan pekerjaan pelaksanaan akan lebih terjadwal melalui penyusunan kurva S yang dihitung berdasarkan bobot pekerjaan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Hal ini penting agar dalam pekerjaan pelaksanaan rumah tinggal tidak terjadi pekerjaan yang molor dan pemborosan material.

Estetika adalah poin penting yang harus bisa dicapai maksimal dalam proses mendesain bangunan oleh seorang arsitek. Estetika akan mencerminkan nilai sebuah bangunan. Dan seorang arsitek dengan pengalamannya memiliki kemampuan untuk menghadirkan sebuah bangunan dengan estetika terbaik. Dan jauh lebih penting ketika estetika yang diharapkan bisa benar-benar dikerjakan. Oleh karena itu seorang arsitek mumpuni dalam menyusun draft gambar kerja.

Naluri desain seorang arsitek sangat diperlukan dalam menyusun konsep layout ruangan sebuah rumah tinggal. Dia memahami bahwa sirkulasi cahaya dan udara merupakan hal penting untuk dihadirkan dalam bangunan. Dan tidak kalah penting adalah bagaimana mengatur alur pergerakan penghuni rumah agar bisa baraktifitas dengan baik dalam rumah tinggal mereka nantinya. Naluri desain seorang arsitek akan berkembang sejalan dengan pengalamannya. Dan hal inilah yang membedakan antara arsitek satu dan lainnya. Dan terutama akan membedakan juga seorang arsitek dengan orang lain yang berbeda profesinya

Pemahaman akan strukutur bangunan juga menjadi kelebihan seorang arsitek. Dengan perencanaan yang baik dalam pekerjaan struktur bangunan akan memberi jaminan keamanan bagi semua penghuni.

Tidak sedikit orang yang menyesal membangun tanpa bantuan arsitek dengan tujuan untuk berhemat. Padahal dana yang dikeluarkan untuk membayar jasa arsitek sekitar hanya 5 persen dari dana yang mereka keluarkan untuk membangun demi hasil yaitu sebuah kepuasan akan rumah tinggal yang didamkan dan didapatkan untuk seumur hidup.

Jadi tunggu apalagi wujudkan mimpi anda bersama jogjaarsitek.com

Layanan kami : Whatsapp

email : jogja.ars@gmail.com

Alamat kantor : Pogung Lor No.204, Pogung Lor, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello Sahabat JogjaArsitek.Com
Ada Yang Bisa Kami Bantu ?
Powered by
error: