Cara Termudah Agar Rumahmu Tetap Sejuk dan Asri

Memiliki rumah yang sejuk tentu dambaan setiap orang. Tiap kali membuka pintu lalu disambut dengan udara segar adalah suatu anugerah yang tiada duanya. Bayangkan jika Anda tiap hari menghirup udara nan sejuk, pasti membuat suasana Anda lebih nyaman dan tenang.

Seakan-akan Anda tinggal di daerah yang sejuk, segar, ataupun mirip suasana desa di pegunungan yang dipenuhi dengan berbagai pepohonan di sekelilingnya. Lalu, bisakah membuat hal tersebut menjadi sangat nyata, terutama jika Anda memiliki rumah di daerah perkotaan.

Pemicu pertanyaan ini tidak lain karena umumnya daerah kota cenderung memiliki lahan yang terbatas, sehingga untuk membuat suatu ruang terbuka hijau tergolong agak sulit.

simulasi rumah

Sentuhan sejuk di rumah Anda tetap bisa ditemu dengan memodifikasi beberapa bagian ruangan. Tentunya hal ini bisa membantu sedikit dan memberikan ruang bagi udara untuk masuk ke dalam rumah.

Beberapa mungkin menggunakan penyejuk buatan misalnya menggunakan kipas angin, AC dan lain sebagainya. Namun, adakah sesuatu hal lain yang bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk secara alami.

Ini dia beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah.

1. Membuat langit-langit rumah menjadi lebih tinggi dari biasanya

Bila Anda baru ada keinginan untuk membangun rumah atau renovasi rumah yang ada saat ini, gunakan kesempatan ini untuk membuat langit-langit rumah tampak lebih tinggi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa langit-langit rumah yang tinggi menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi udara panas yang masuk ke rumah. Hal ini dikarenakan adanya langit-langit tersebut menghambat udara panas yang masuk ke rumah.

2. Memaksimalkan sirkulasi udara di dalam rumah

Pengertian memaksimalkan sirkulasi jendela di sini ialah Anda perlu menambahkan banyak jendela atau lubang-lubang guna pertukaran udara. Agar ventilasi lancar usahakan tetap bersih dari berbagai kotoran ataupun benda-benda yang menghalangi sirkulasi udara. Pada konsep hunian terbuka (banyak jendela dan ventilasi) Anda bisa membuka lebar-lebar jendela rumah Anda. Untuk menghindari terik matahari yang menerobos masuk, Anda bisa menggunakan tirai ataupun kain yang tidak terlalu tebal agar udara dan cahaya masih bisa masuk ke dalam ruangan

3. Menggunakan kipas angin

Cara ini paling mudah dan lebih banyak dipilih oleh orangorang awam. Karena praktis dan bisa menghasilkan angin yang cukup untuk satu ruangan terutama jika kipasnya relatif besar. Namun, juga terdapat kekurangan. Kipas ini menggunakan tenaga listrik. Jadi ketika listrik padam, maka udara kadang kembali panas.

4. Mencoba mgengurangi sumber panas

Mengurangi sumber panas bisa menggunakan berbagai cara. Misal sumber panas dari matahari, akan lebih baik tidak menggunakan atap yang mudah  menyerap panas, sehingga bisa mengurangi panas. Bisa juga memberikan tirai ayaman yang dipasang didepan teras untuk menghalau panas yang akan masuk.

5. Memulai menanam pepohonan di sekitar rumah

Cara ini dinilai cukup efektif untuk membantu menurunkan panas di rumah. Pepohonan akan membuat halaman rumah tampak teduh. Anda bisa memilih pepohonan apa saja yang mungkin bisa dan sesuai untuk halaman rumah Anda.

 

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan agar rumah Anda makin sejuk dan nyaman. Anda bisa mencari dan menggunakan cara lain yang dirasa sesuai dengan konsep hunian Anda. Selamat mencoba.