12 Desain Atap Rumah Minimalis yang Mudah Ditiru

12 Desain Atap Rumah Minimalis yang Mudah Ditiru

Estetis dan fungsional, beragam desain atap rumah minimalis modern berikut mudah ditiru di hunian kecil sekalipun. Ciptakan visual memukau yang bikin siapapun jadi ingin berkunjung ke rumah dan menanyakan inspirasi atap yang kamu gunakan. 

Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
  1. Bersusun dalam Ragam Kemiringan 

Tingkat kemiringan atap dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada fungsinya sebagai penutup rumah. Kamu bisa meniru desain terbaik dengan memasang atap minimalis pada tingkat yang berbeda di beberapa area.

  1. Kanopi Minimalis Transparan 

Karena sifatnya yang transparan, kanopi ini mampu memberikan penerangan alami pada area di bawahnya. Tarif listrik bulanan pastinya bakal lebih hemat karena kamu tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.  

  1. Model Persegi Panjang 

Pemilihan material untuk desain atap rumah minimalis ini bakal menentukan seberapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan saat konstruksi. 

Tapi yakinlah, bentuk persegi panjang selalu bisa jadi andalan untuk menekan rencana anggaran biaya (RAB) saat pembelian material. 

  1. Atap Datar Kontemporer 

Buat kamu yang tertarik untuk mengambil inspirasi desain rumah tradisional dengan sentuhan modern, ini dia ide yang pas untuk dicoba.  Aksen sederhana dan elegan bisa kamu dapatkan dengan penggunaan jenis flat roof seperti gambar rumah minimalis di atas.  

  1. Desain Atap Rumah Minimalis Teras 

Keterbatasan lahan untuk membuat teras bisa diatasi dengan mengadopsi rancangan hunian yang banyak di Eropa ini.Teras di tingkat dua bisa membantumu memaksimalkan area yang ada dengan teras mungil yang cantik. 

  1. Bentuk Lengkung 

Jika biasanya struktur unik ini hanya ditemukan di bangunan publik seperti aula atau auditorium, ternyata bentuk atap minimalis lengkung juga dapat diterapkan di rumah. Hasilnya adalah penampakan unik yang bikin tetangga iri seperti contoh ide pada gambar di atas. 

  1. Atap Miring dari Kayu

Tren penggunaan model atap rumah yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan penggunaan material kayu. Untuk itu, kamu perlu menggunakan trik yang tepat supaya fungsinya sebagai pelindung hunian tetap terjaga dengan baik.  

  1. Desain Atap Rumah Minimalis Sederhana 

Hadirkan nuansa berbeda dengan dua arah berlawanan saat pemasangan atap untuk menciptakan kesan yang berbeda. Pastikan jika arahnya tetap sesuai denah rumah supaya ketika hujan bisa terhindar dari kebanjiran yang biasa terjadi di area tengah.

  1. Model Atap Rumah Berulir 

Rekomendasi ide yang berikutnya cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah dengan tingkat curah hujan tinggi. Ulir yang ada di atap dapat membantu menangkap tekanan pada saat hujan sehingga bunyinya bisa lebih diredam. 

  1. Panel Dua Lapis 

Bukan hanya dari sisi desain atap rumah minimalis saja yang perlu diperhatikan, penempatannya juga tak boleh sampai ketinggalan. 

Penyusunan panel atap dengan cara ditumpuk dua seperti ini bisa membantumu mencegah kebocoran. 

  1. Rumah Atap Miring Simpel 

Kombinasi warna fasad juga wajib masuk ke pertimbangan saat kamu akan memasang bagian hunian yang satu ini. Jangan sampai desainnya bertolak belakang dan justru bikin tampilan rumah malah jadi tidak menarik. 

  1. Desain Atap Rumah Minimalis Limas 

Walaupun terkesan konvensional dan kurang trendy, nyatanya model atap limas masih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebabnya tentu karena pemasangan yang mudah serta fungsinya yang paling ideal di negara beriklim tropis. 

Hal ini terjadi karena pemasangannya yang bertumpu pada bagian “leher” bangunan yang sebenarnya adalah plafon minimalis yang dibuat tinggi. Temukan beragam inspirasi hunian menarik lainnya di artikel jogja arsitek.