Inspirasi Desain Rumah Ala Korea

Inspirasi Desain Rumah Sederhana Ala Drama Korea

Sobat Jogja Arsitek, adakah yang suka nonton drama korea atau mungkin variety show korea? Bagi Anda yang suka menonton acara-acara tersebut pasti tidak asing lagi dengan berbagai model rumah sederhana, tetapi menarik dan estetik.

Bagaimana tidak, dalam drama biasanya diperlihatkan sudut-sudut ruang yang kece dan bisa menjadi spot foto menarik.

Cocok juga buat para influencer ataupun content creator yang ingin membuat konten youtube ataupun instagram. Karena ruangan-ruangan di rumah ala Korea biasanya elegan dengan warna soft dan lembut.

simulasi pedesaan
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Penambahan furniture yang minimalis serta penataan interior yang rapi menambah kesan elegan sekaligus mewah. Desain rumah ala lifestyle korea biasanya juga lebih menonjolkan kesan minimalis namun tetap mewah.

Cenderung menerapkan konsep open plan dalam artian tidak banyak menempatkan barang-barang yang tidak sederhana di berbagai sudut ruangan, karena akan menambah kesan penuh. Ketika open plan diterapkan maka ruangan akan terkesan lebih luas dan lebar.

Ditambah dengan penataan pencahaan yang estetik membuat rumah semakin nyaman dan betah untuk ditinggali. Lalu, apa saja sih inspirasi desain rumah agar mirip-mirip yang ada pada drama korea?

  • Konsep Multingfungsi

Rumah-rumah ala korea biasanya memiliki furniture yang simple namun bisa berfungsi untuk banyak hal. Sebut saja sofa yang juga bisa berfungsi sebagai tempat tidur. Selain itu, ada banyak furniture lainnya yang bersifat multifungsi. Hal ini akan menambah kesan ruangan menjadi lebih lebar dan luas.

  • Pemilihan Warna

Untuk rumah-rumah di korea biasanya memilih warna-warna yang soft namun tetap estetik dan elegan. Misalnya putih, abu-abu, lilac, beige, cokelat, krem dan warna lainnya. Warna-warna tersebut memberikan kesan nyaman untuk dipandang dan lebih santai bila dipadukan dengan ornament ataupun furniture berbagai warna

  • Penggunaan Bahan Kayu

Jika kita perhatikan di dalam drama korea biasanya ada rumah-rumah berbahan kayu. Karena kayu memiliki kemampuan menahan beban yang relatif kuat. Jika bahan utama rumah bukan kayu, maka dapat ditambahkan ornament-ornamen dinding dari kayu, sehingga menambah kesan menyerupai rumah ala korea.

  • Menggunakan Konsep Lesehan

Selain menggunakan bahan-bahan kayu, biasanya orang korea makan lesehan dengan meja kecil dilantai. Konsep ini unik namun tetap nyaman bila makan bersama anggota keluarga. Kita bisa menyantap makanan dengan lebih santai sambil berbincang-bincang. Ide ini dapat menjadi salah satu inspirasi ruang makan di rumah Anda agar menyerupai konsep rumah ala korea.

  • Penataan Pencahayaan

Inspirasi terakhir ialah pencahayaan. Anda harus memastikan bahwa lampu ditempatkan pada posisi yang strategis, sehingga pencahayaan yang dihasilkan tidak terlalu gelap juga tidak begitu menyilaukan mata.

Itulah beberapa uraian mengenai inspiasi rumah ala-ala korea. Anda juga dapat memperhatikan detail lainnya didalam drama korea. Beberapa inspirasi lain mungkin bisa Anda lihat melalui browsing-browsing atau mencari dari berbagai sumber lainnya yang mengarah ke lifestyle korea. Semoga bermanfaat.