5 Manfaat Memiliki Dapur Terbuka yang Cocok untuk Hunian Anda

5 Manfaat Memiliki Dapur Terbuka yang Cocok untuk Hunian Anda

Pernahkah membayangkan dapur di rumah Anda terbuka layaknya di restoran mewah? Bagaimana menurut Anda? Apakah terlihat lebih menarik dan leluasa untuk memasak? Jika pernah, tentu Anda merasa sangat nyaman bila Anda sendiri memasak di sana.

Ruangan luas, pencahayaan oke, hingga sirkulasi udara yang lancar. Jika di restoran pengunjung bisa secara langsung melihat atraksi koki yang sedang memasak. Nah bila rumah Anda ada konsep dapur terbuka tentunya seluruh anggota keluarga bisa langsung melihat dan menikmati keseruan Anda memasakkan makanan untuk mereka.

Menarik bukan? Itulah kira-kira konsep dapur terbuka.

Photo by Sidekix Media on Unsplash
Photo by Sidekix Media on Unsplash

Anda bisa menerapkan konsep dapur terbuka untuk hunian Anda. Ada berbagai macam konsep dapur terbuka di rumah, misalnya dapur dan ruang makan terbuka, dapur terbuka dengan taman, dapur terbuka di belakang rumah, ataupun ide lainnya. Memilih dapur terbuka bukan hal yang aneh, karena nyatanya juga memiliki banyak manfaat, diantaranya :

 

  1. Memasak Menjadi Lebih Leluasa

Ketika Anda memiliki dapur terbuka, secara otomatis akan memiliki rak perabot yang juga terbuka. Biasanya piring, gelas, panci, bahan makanan dan lain sebagainya ditempatkan di lemari tertutup, namun dengan dapur terbuka Anda bisa menyimpannya di rak-rak terbuka. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari barang ataupun peralatan dapur Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu capek-capek buka tutup lemari.

  1. Dapur Terkesan Lebih Terang

Memiliki dapur terbuka selain memberikan dampak leluasa dalam memasak, ruangan akan menjadi lebih terang dibandingkan dengan dapur tertutup. Jika Anda mengganti sekat dinding dengan kaca yang lebar akan memudahkan pencahayaan masuk keruangan, sehingga dapur terkesan lebih luas.

  1. Bisa Membantu Meningkatkan Mood

Sering merasa tidak mood ketika memasak? Mungkin saatnya Anda beralih ke konsep dapur terbuka. Apalagi dilakukan penambahan taman-taman di luar rumah, tentu akan menambah semangat Anda dalam memasak. Biasanya ketika dilengkapi dengan taman akan menghasilkan view belakang rumah yang lebih menarik dan membuat kita tidak mudah merasa jenuh ketika memasak. Akan tetapi, kita tetap perlu memperhatikan segi kebersihannya juga ya.

  1. Memberikan Suasana Dapur Yang Lebih Unik

Bila Anda menganggap memiliki dapur terbuka itu hal biasa dan tidak istimewa, tentu itu tidak benar karena dengan dapur terbuka justru akan menambah kesan yang lebih unik. Ini akan terlihat berbeda dengan yang lain. Suasananya juga lebih nyaman dan lebih santai ketika Anda akan memasak

  1. Dekorasi Ruangan Bisa Lebih Mudah Diganti

Karena ruangannya yang luas dan terbuka, maka dekorasi bisa diganti dengan mudah sesuai yang Anda harapkan. Pemindahan barang-barang juga bisa dilakukan dengan mudah karena tidak sempit. Anda bebas menempatkan perabot dan dekorasi lainnya sesuai keinginan Anda. Meskipun ada banyak perabot yang dimasukkan, tentu saja ruangan akan tetap terlihat luas.

Itulah beberapa manfaat dari dapur terbuka yang bisa Anda coba dirumah Anda. Masih banyak manfaat lainnya yang tidak bisa disebutkan di artikel ini. Meskipun demikian, dapur terbuka akan sangat bermanfaat jika selalu diperhatikan dan dijaga kebersihannya.