Tips Memilih Cat Tembok untuk Rumah

Cat tembok erat kaitannya dengan keindahan eksterior maupun interior hunian. Dengan menambahkan cat tembok rumah akan semakin terlihat menarik dan elegan. Anda bisa memilih berbagai warna yang sesuai keinginan Anda.

Namun demikian, memilih warna cat tidak boleh asal pilih. Jika dipilih dengan asal maka terkadang tidak sesuai dengan konsep hunian yang akan dibangun.

Perihal interior terkadang berbeda warna dengan eksterior. Interior menyesuaikan keinginan dari si penghuni ruangan. Misalnya anak lebih suka kamar yang bernuansa cerah, maka Anda perlu memilih warna-warna terang. Pemilihan warna ini tentunya perlu mempertimbangkan banyak hal, sehingga diperoleh suatu pilihan yang tepat.

Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash

Agar Anda tidak bingung lagi dalam memilih warna cat, simak yuk uraian berikut ini.

  1. Mempelajari detail arsitektur rumah

Anda perlu mempelajari dengan detail setiap elemen dalam arsitektur rumah. Tujuannya agar lebih mempermudah dalam menentukan warna cat apa yang sesuai dan bisa menyatu dengan elemen yang ada. Beberapa warna cat cenderung memberikan suasana yang menghangatkan dan menyejukkan, semantara beberapa lainnya memberikan nuansa keberanian.

  1. Memilih finishing warna cat yang tepat

Selain memilih warna yang tepat, finishing warna yang dipilih juga harus tepat. Hal ini akan mempengaruhi kualitas warna yang dipilih. Semakin bagus pelapisan warna cat yang digunakan, akan memberikan sentuhan warna cat yang semakin indah dan berkualitas.

  1. Melihat dengan detail warna cat pada berbagai kondisi

Maksud dari hal ini ialah menghadapkan warna pada berbagai kondisi waktu. Anda bisa mengecat papan untuk kemudian dihadapkan pada kondisi pagi, siang, sore dan malam. Di tiap waktu akan memberikan kenampakan warna yang berbeda bergantung sinar yang diterima. Amati perubahan dan reaksi yang ditimbulkan. Jika masih tampak baik-baik saja, dan tidak ada perubahan yang begitu cepat, maka bisa diasumsikan bahwa cat yang dipilih memang berkualitas

  1. Menggunakan warna-warna netral

Bila Anda tidak begitu menyukai cat dengan warna yang berbeda, maka akan lebih baik bila Anda memilih warna-warna netral . Hal ini lebih mudah menyatu dengan warna furniture ataupun perabot lainnya. Ini juga membuat kesan elegan dan estetik lebih mudah untuk didapatkan

  1. Memilih cat yang sesuai dengan warna furniture

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, bahwa memilih warna cat hendaknya disesuaikan dengan furniture yang ada. Memilih warna yang hampir senada agar tidak membuat sakit mata ketika dipandang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin memilih cat untuk hunian Anda. Bisa juga dengan mencari referensi lainnya, sehingga diperoleh warna yang bernar-benar sesuai dengan yang diidamkan. Anda juga bisa mencari tips atau meminta saran langsung dari arsitek Anda terkait masalah interior. Selamat mencoba

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!