Boros Listrik di Rumah? Ini Dia Tips Menghematnya

Tagihan listrik Anda membengkak di akhir bulan? Rasanya Anda sudah hemat dalam menggunakan listrik tetapi nyatanya jumlah pemakaian listrik Anda tetap banyak? Ya, memang hampir seluruh kegiatan rumah tangga membutuhkan listrik. Aktivitas sehari-hari pun sangat bergantung pada penggunaan elektronik yang tentunya membutuhkan sumber daya listrik.

Photo by Griffin Taylor on Unsplash
Photo by Griffin Taylor on Unsplash

Nah, untuk menghindari pengeluaran tambahan, Anda bisa mengubah kebiasaan kecil dengan memulai gaya hidup h emat listrik. Yuk, terapkan beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik berikut untuk tagihan nyaman di akhir bulan.

 

  1. Cabut Kabel dari Saklar Jika Tidak Digunakan

Jangan biarkan berbagai peralatan atau kabel terpasang pada saklar saat tidak digunakan meski dalam keadaan mati. Listrik tetap akan mengalir pada kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda jika dibiarkan tertancap pada saklar. Jadi, listrik akan terbuang sia-sia dan Anda harus membayar tagihan yang terbuang percuma.

 

  1. Menghemat Pemakaian Lampu

Pastikan Anda sudah mematikan lampu saat meninggalkan ruangan. Langkah hemat listrik yang satu ini memang sudah sering diingatkan namun kerap pula dilupakan. Lampu yang dibiarkan menyala akan tetap menyedot pemakaian listrik secara terus menerus. Cobalah untuk membatasi penggunaan lampu di siang hari untuk pemakaian listrik yang lebih efektif.

 

  1. Pintar dalam Menggunakan Perangkat Elektronik

Beberapa perangkat elektronik rumah tangga membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa berfungsi, seperti kulkas atau mesin cuci. Untuk menghemat listrik, Anda bisa mengurangi penggunaan pengering pada mesin cuci. Manfaatkan panas matahari dan angin untuk mengeringkan pakaian. Selain itu, bersihkan kondesor kulkas secara berkala dan pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat.

 

  1. Tidak Menggunakan AC Secara Berlebihan

Di negara dengan iklim yang cukup panas membuat kita sudah sangat bergantung dengan AC. Namun, tahukah Anda jika ternyata AC bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan perangkat elektronik lainnya? Pilih AC yang hemat energi yang bisa menaikkan suhu atau off secara otomatis saat ruangan ada sedikit orang atau justru tidak ada orang. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan oleh siapa-siapa.

 

  1. Gunakan Lampu LED sebagai Penerang Ruangan

Lampu LED (Light Emiting Diode) merupakan alternatif penerangan dengan energi rendah yang bisa Anda gunakan untuk menghemat listrik. Dibandingkan lampu pijar biasa, lampu LED dapat menghemat daya 50-70%. Tidak hanya itu, lampu LED juga punya ketahanan yang cukup menyaingi lampu pijar. Asal Anda gunakan dengan hemat dan pintar, lampu LED pasti akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

 

  1. Pakai Listrik dengan Sistem Pulsa

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa bisa membantu Anda menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda rencanakan selama satu bulan. Jadi, Anda bisa mengontrol pemakaian listrik supaya tidak berlebihan dan membuat Anda lebih hemat memakai listrik.

Saat pulsa listrik habis, otomatis aliran listrik di rumah Anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli pulsa lagi. Cara ini akan membantu Anda dalam menghitung kebutuhan listrik dan meninjau kembali apa saja sebenarnya yang bisa dikurangi dari pemakaian listrik.

 

  1. Matikan Alat Elektronik saat Tidur

Apakah Anda punya kebiasaan membiarkan televisi menyala saat tidur? Wah, hal ini sangat boros listrik lho. Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai perangkat elektronik masih menyala. Mulai dari televisi, lampu, atau gadget yang masih dalam proses pengisian baterai. Selain untuk menghemat listrik, mematikan lampu saat tidur juga akan membantu menenangkan tubuh Anda sehingga bisa beristirahat dengan optimal.

 

  1. Gunakan Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Walaupun ukurannya kecil, setrika merupakan salah satu perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik cukup besar. Bahkan, lebih besar dari televisi dan perangkat elektronik lainnya lho. Nah, untuk menghemat pemakaian listrik Anda bisa menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Setrika ini akan mati dengan sendirinya saat suhu panasnya sudah cukup tinggi. Anda juga bisa menyesuaikan panas yang digunakan dengan bahan pakaian yang disetrika.

 

  1. Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Pilihlah kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian Anda sehari-hari. Memilih kapasitas yang terlalu besar akan berakibat pula pada semakin besarnya daya listrik yang dibutuhkan. Usahakan juga untuk tidak mencuci pakaian melebihi kapasitas mesin cuci karena akan menambah daya listrik.

Itulah tadi sejumlah cara hemat listrik yang bisa mulai Anda terapkan di rumah. Selain menghemat biaya listrik Anda di rumah, hemat dan pintar memakai listrik bisa berguna bagi lingkungan lho. Ayo mulai dari diri sendiri.