Ingin Kolam Renang Di Rumah Anda Selalu Jernih? Ini Dia Tipsnya

Memiliki kolam renang sendiri di rumah tentu memberikan kenyamanan tersendiri. Anda bisa bersantai dan menikmati air tanpa harus membayar ataupun berjejal dengan pengunjung lainnya. Anda bisa berolahraga di air dan menikmatinya kapanpun.

Mau sehabis bangun tidur langsung menceburkan diri ke kolam renang juga bukan hal yang tabu ketika Anda memilikinya sendiri di rumah. Akan tetapi, tahukah Anda jika kolam renang perlu tetap dirawat agar airnya tetap jernih dan bersih.

Anda juga harus rajin membersihkan kolam renang dari kemungkinan lumut-lumut yang tumbuh. Selain itu, menguras air di dalam kolam juga sangat diperlukan guna menjaga kualitas air kolam, sehingga tetap sehat bagi tubuh. 

artikel jogja arsitek

Tenang saja ketika kolam Anda agak sedikit kotor atau berlumut Anda masih bisa membersihkannya. Lalu bagaimana agar kolam renang terlihat jernih dan bersih? Ini dia tips merawat kolam renang di rumah Anda.

  1. Menyeimbangkan Kimia Air

Kunci pertama agar air di kolam renang tetap jernih ialah keseimbangan kimia airnya terutama pH. Anda hanya perlu menyesuaikan kondisi pH dengan volume air yang ada di kolem renang. Bisa juga dengan menambahkan bahan kimia seperti karporit sesuai dosis ke dalam kolam renang. Agar diperoleh hasil yang optimal pastikan Anda memperhatikan beberapa elemen : a) pH ideal 7,2 dan 7,8 untuk melindungi kulit dan mata; ) asam sianurat berada diangka 30-50 ppm; c) alkalinitas total pada kondisi 60-120 ppm agar diperoleh nilai keseimbangan pH; dan kekerasan kalsium berada pada angka 220 – 350 ppm untuk membantu melindungi plester.

  1. Menggosok Sisi Kolam

Penting untuk membersihkan sisi-sisi kolam untuk mencegah dari bekas karat yang berasal dari bahan kimia dan juga lumput. Tidak perlu sering melakukannya, cukup dengan satu minggu sekali digosok, sehingga tidak menimbulkan kerak.

  1. Menggunakan Penyedot Debu Untuk Kolam Renang

Dasar kolam renang biasanya akan mengumpulkan kotoran, terutama bila Anda tidak sering membersihkannya. Anda perlu menggunakan penghisap debu kolam untuk mengurangi kotoran yang ada di dasar kolam renang. Biasanya tugas ini menjadi rutinitas mingguan di rumah Anda. Karena kalau tidak cukup sering dibersihkan bisa mengotori kolam atau bahkan menjadi endapan yang nantinya lebih sulit untuk dibersihkan.

  1. Menggunakan Baking Soda

Penggunaan baking soda cukup cocok untuk Anda yang memang ingin kolam tetap jernih namun dengan biaya relatif murah. Anda akan sering disarankan untuk menggunakan larutan berbasis natrium bikarbonat untuk membantu mengontrol alkalinitas air kolam.

  1. Menjaga Filter

Menjaga kebersihan filter adalah cara yang paling efektif untuk memperpanjang umur kolam Anda dan memastikan air tetap bersih dan aman. Akan tetapi, Anda juga perlu melakukan pekerjaan manual lainnya, misalnya menyisihkan puing-puing batuan, dedaunan dan lain sebagainya dari waktu ke waktu. Anda perlu memastikan agar filter tetap menyala selama 6 jam dalam sehari.

  1. Menelusuri Permukaan Air Pada Kolam

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda harus lebih sering melihat permukaan kolam. Anda juga perlu memiliki alatnya. Biasanya berupa skimmer tiang panjang untuk mendapatkan semua daun, bulu, pembungkus dan puing-puing lainnya yang akan masuk ke dalam kolam. Meskipun kolam Anda berada di ruangan tertutup sebaiknya tetap lakukan skimming setidaknya dua kali seminggu.

  1. Memperbaiki Secara Rutin

Memperbaiki ini lebih berkaitan dengan servis alat-alat yang ada di kolam renang secara rutin. Seseorang yang profesional dapat melihat adanya potensi masalah yang berkaitan dengan elemen mekanis, misalnya pipa, pompa dan filter air. Luangkan waktu sejenak untuk membuat janji dengan tenaga ahli guna mengecek seluruh kondisi di kolam renang rumah Anda.

  1. Tips Bola Tenis

Berbagai aktivitas yang Anda lakukan biasanya akan membuat kolam renang memberikan kilau berminyak pada permukaan. Cara terbaik untuk menghilangkan residu ini ialah dengan melemparkan bola tenis ke dalam air. Serat akan menyerap minyak dan mencegah munculnya kilau baru.

Itulah beberapa tips untuk membuat kolam renang di rumah Anda tetap jernih. Anda bisa menirunya dan mempraktikannya sendiri di rumah. Selamat mencoba…