Cara Cerdas agar Hemat Biaya ketika Membangun Rumah

Cara Cerdas agar Hemat Biaya ketika Membangun Rumah

Bisa membangun rumah sendiri tentu hal yang sangat didambakan oleh setiap orang. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah. Pasti ingin memiliki rumah sendiri, baik dengen membeli perumahan ataupun membangun sendiri.

Jika bisa membangun sendiri pastinya memiliki kepuasan tersendiri, karena desainnya bisa sesuai dengan yang diimpikan serta biayanya bisa dikalkulasikan sejak pertama rumah didirikan.

Meskipun demikian, membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus mempersiapkan dan merencanakan dengan benar biaya untuk membangun rumah. Agar ketika ditengah-tengah tidak terjadi kekurangan biaya dan berdampak pada pembangunan yang mangkrak atau tidak selesai.

kontraktor simulasi
Photo by Etienne Girardet on Unsplash

Bagi Anda yang memiliki tanah sendiri tentu akan lebih baik jika membangun sendiri. Bagi sebagian Anda pasti khawatir biaya akan melambung tinggi. Untuk itu Anda harus membuat suatu anggaran tersendiri yang dikhususkan untuk pembangunan rumah. Anggaran ini tentu terpisah dari anggara kebutuhan keseharian.

Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghemat kebutuhan anggaran pembangunan rumah.

  • Menyusun anggaran kebutuhan material dengan lebih rinci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyusun dengan detail keinginan Anda. Anda harus sudah menentukan berapa luasan lahan yang akan dibangun, kebutuhan rungan, desain yang diinginkan, hingga tipe bangunan yang diharapkan. Selanjutnya, Anda bisa merinci dengan detail material yang ingin digunakan, tentunya setela berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang yang lebih berpengalaman di bidangnya.

  • Memilih desain hunian dengan konsep minimalis

Tipe hunian yang Anda pilih hendaknya juga disesuaikan dengan budget tersedia Anda. Bisa memilih tipe-tipe hunian minimalis, misalnya tipe 36, tpe 45, ataupun tipe 60. Rumah minimalis juga biasanya dicirikan dengan jumlah perabot yang sedikit. Kebutuhan ruangan misalnya kamar tidur bisa langsung disesuaikan dengan jumlah keluarga yang menghuni rumah. Luasan ruangan hendaknya gunakan ukuran standar. Jangan khawatir ruangan akan tampak sempit. Anda bisa mengatasinya dengan memberikan sentuhan warna putih pada interior ruangan, sehingga akan terkesan lebih luas.

  • Melakukan survey harga material bangunan di pasaran

Setelah merinci kebutuhan dengan jelas dan detail, selanjutnya Anda dapat melakukan survey harga di pasaran. Harga ini akan digunakan untuk menyusun perkiraan anggaran yang perlu disediakan. Lakukan survei ke beberapa toko, karena biasanya harga material bangunan di toko sangat variatif.

  • Memilih dan mengunkan bahan / material bangunan lokal yang berkualitas

Jika sudah menemukan harga yang cocok dan sesuai, Anda dapat segera memesan dan membeli material bangunan yang dibutuhkan. Anda bisa memilih produk-produk lokal dengan harga terjangkau. Akan tetapi, pastikan produk yang dibeli memiliki kualitas produk yang unggul, sehingga dapat menjaga keamanan dan kekuatan struktur bangunan.

  • Menggunakan jasa tukang bangunan borongan

Tukang bangunan memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan rumah. Tak jarang bagian ini paling membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah tukang yang telah banyak memiliki pengalaman serta memiliki rekam jejak yang baik. Anda bisa memilih tukang borongan ataupun harian. Biasanya tukang harian memiliki hasil kerja yang baik. Sementara tukang borongan agak sedikit kurang karena dikejar waktu dan target, namun memiliki biaya tenaga yang lebih terjangkau. Untuk memilih jasa tukang yang ingin digunakan, hendaknya sesuaikan terlebih dahulu dengan budget tersedia Anda.

  • Membangun rumah secara bertahap

Bila anggran Anda dirasa masih kurang untuk membangun rumah secara langsung, Anda dapat membangunnya dengan cara bertahap. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan pembangunan dikala budget Anda sudah terkumpul kembali. Tahap pertama bisa dimulai dari pembangunan ruangan-ruangan yang penting terlebih dahulu.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara atau tips untuk membangun rumah dengan lebih hemat. Bisa Anda coba dan tiru atau bila Anda sudah memiliki budget lebih Anda bisa langsung segera memulai pembangunan rumah dari sekarang. Jangan lupa untuk mendesain hunian terlebih dahulu agar sesuai dengan impian Anda. Bila bingung jasa desainnya, Anda dapat langsung menghubungi Jogja Arsitek yang akan selalu melayani Anda dengan sepenuh hati.