Ide Desain Laundry Room untuk Hunian Anda

Ide Desain Laundry Room untuk Hunian Anda

Mencuci dan menjemur pakaian yang kita pakai sehari-hari sudah menjadi kegiatan rutin yang tidak bisa terlepas dari aktivitas harian. Akan lebih baik jika kedua aktivitas tersebut memiliki tempat atau ruangan tersendiri di dalam rumah.

Tidak perlu luas yang penting mencukupi untuk mencuci dan menjemur sekaligus kegiatan lain seperti setrika. Meskipun demikian, ruangan tersebut terkadang terlupakan ketika sedang mendesain rumah. Seolah-olah kegiatan tersebut bukan suatu yang krusial dan bisa dilakukan di tempat lain misalnya kamar mandi. Namun, bila mencuci di kamar mandi tentu saja akan menganggu kenyamanan orang yang sednag mandi.

Oleh sebab itu, rumah akan semakin lebih nyaman bila dilengkapi dengan ruangan untuk cuci jemur.

Photo by Evy Prentice on Unsplash
Photo by Evy Prentice on Unsplash

Beberapa dari kita masih bingung ingin model ruangan yang seperti apa. Sebenarnya, desain ruang cuci jemur tidak perlu ribet. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah ruangan saja untuk kemudian bisa diletakkan mesin cuci dan rak-rak untuk menjemur pakaian.

Ada banyak desain laundry room yang bisa diterapkan di hunian Anda. Misalnya ada sisa lahan yang tak terpakai isa Anda gunakan sebagai tempat cuci jemur. Bila Anda masih bingung mau dimana tempat laundrynya simak yuk

 

  1. Desain Laundry Room dan Jemuran Atap Transparan

Desain yang paling umum dalam ruang cuci jemur ialah model atap transparan. Atap tersebut akan menyalurkan panas dan cahaya secara alami yang nantinya bisa mengeringkan pakaian. Bisa Anda pilih kanopi berbahan polikarbonat yang bisa meneruskan cahaya hingga 90% ke area bawah. Bukan hanya jemuran yang bisa ditaruh di ruangan ini, Anda juga bisa meletakkan beberapa tanaman, karena adanya sumber cahaya yang cukup maksimal untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

  1. Desain Laundry Room Dengan Penyimpanan Rapi

Pada dasarnya ruang cuci jemur membutuhkan space untuk penempatan mesin cuci dan rak atau tempat jemur pakaian. Namun demikian, kita juga memerlukan tempat untuk menyimpan peralatan mencuci, seperti sabun, detergent, dan sebagainya. Bila ruangan terbatas, maka perlu dibuat suatu model rak atau penyimpanan vertikal sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan dalam ruang cuci jemur.

  1. Desain Laundry Room Konsep Terbuka

Anda juga bisa memilih model ini bila ingin pakaian Anda langsung kering di bawah terik matahar. Bisa ditambahkan berbagai tanaman hias agar menambah kesejukan ruang cuci jemur. Kekurangan dari model ini ialah bila hujan pakaian akan langsung basah karena tanpa kanopi, sehingga ketika menjemur tidak bisa bila ditinggal atau tidak orang sama sekali di dalam rumah. Oleh sebab itu, pastikan jemuran sudah kering terlebih dahulu atau disisihkan terlebih dahulu ketika mendung tiba.

  1. Ruang Cuci Jemur Dengan Bata Roster

Desain ini cukup unik dibandingkan dengan yang lainnya. Hal yang membuat unik ialah penggunaan material berupa bata roster pada dinding ruang cuci jemur. Tidak hanya menambah nilai estetika, bata roster bia membantu proses pengeringan pakaian. Angin bisa masuk melalui lubang-lubang pada bata roster sehingga memungkinkan jemur untuk menjadi kering. Anda juga bisa menambahkan dekorasi lainnya misalnya tanaman hias pada sudut ruang cuci jemur.

  1. Ruang Cuci Jemur Model Terpisah

Inspirasi desain selanjutnya ialah desain ruang cuci jemur yang terpisah. Misalnya ruang cuci ditempatkan salah satu sudut, kemudian ruang jemur di sudut lain yang dibatasi oleh tembok ataupun partisi. Ruangan ini tentunya lebih luas dibanding model-model sebelumnya, namun tetap estetik dan tentunya akan nyaman karena terpisah antara tempat cuci dan jemur.

Itulah beberapa contoh tempat cuci jemur yang bisa Anda tiru di rumah Anda. Bisa juga mencoba model lainnya sesuai kreasi dan imajinasi Anda, tentunya dengan pertimbangan ukuran ruang, kebutuhan dan lain sebagainya. Selamat mencoba.