Wajib Tahu, Ini Dia Penyebab Atap Bocor

proyek jogja arsitek

Penyebab atap bocor sangatlah beragam. Tentunya sangat menyebalkan saat atap rumah tiba-tiba bocor di kala hujan deras. Alhasil, perlu mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk perbaikan atap.

Untuk menciptakan rumah yang nyaman untuk berlindung, Anda wajib tahu apa saja penyebab atap bocor. Pada artikel ini, kami sajikan pembahasan terkait penyebab atap bocor, serta bagaimana solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Penyebab Atap Bocor

Ada beragam penyebab atap mengalami kebocoran. Berikut ini akan kami berikan daftar penyebab kebocoran yang harus anda waspadai.

  1. Usia Atap

Alasan paling lazim dari kebocoran adalah usia atap yang sudah terlalu tua sehingga bahannya makin usang. Seiring berjalannya waktu, kerusakan akan terjadi pada atap yang setiap saat terkena efek dari perubahan iklim dan cuaca. Apalagi jika Anda tidak memeriksa dan melakukan perawatan atap secara rutin. Keadaan atap yang tidak dirawat tidak akan memperpanjang usia atap.

Sama seperti tubuh manusia, saat muda harusnya kita merawat diri agar tidak terhindar dari penyakit di kemudian hari. Begitu juga atap, seharusnya ia dirawat sejak dini sehingga saat tua tidak akan mengalami kebocoran.

  1. Pemasangan yang Tidak Tepat

Penyebab atap bocor yang paling fatal adalah karena pemasangan yang tidak tepat. Sebagus apapun bahan material atap yang digunakan, apabila pemasangannya buruk, maka akan memperbesar kemungkinan air akan merembes masuk lewat sela-sela yang tidak tertutup secara rapat.

Anda benar-benar harus mencari jasa tukang ataupun kontraktor yang kompeten untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Jangan sampai kena tipu! Cari cara memilih jasa arsitek yang tepat, atau Anda bisa langsung konsultasikan bersama kami, Jogja Arsitek!

  1. Kotoran yang Menumpuk

Apabila rumah Anda berada di bawah pohon, coba lihat apakah ada dedaunan yang menumpuk di bagian atap? Jika ada, segera bersihkan! Penumpukan hanya akan menjadi penyebab atap bocor.

Saluran pembuangan air yang tertutup sampah seperti dedaunan, akan mengakibatkan air hujan dapat tergenang di bagian atap. Volume air yang berlebihan pada akhirnya akan masuk ke celah atap dan rembes ke dalam rumah.

  1. Cuaca yang Ekstrem

Cuaca yang ekstrem menjadi hal alamiah yang tidak dapat diganggu gugat. Hujan badai, angin kencang, atau suhu yang tidak menentu dapat memicu terjadinya atap bocor. Adanya hujan badai membuat volume air tidak dapat tertampung dan akhirnya merembes lewat atap. Sementara itu, angin kencang dapat merusak struktur atap. Kemudian, suhu yang berubah secara tidak menentu dapat mempercepat proses pelapukan.

  1. Penyebab Tidak Terduga

Ada hal lain yang bisa menyebabkan kerusakan atap yang pada akhirnya menyebabkan atap mengalami kebocoran. Secara umum, adanya hantaman keras yang menerpa atap. Misalnya, ada buah kelapa yang jatuh ke bagian atap bisa menjadi penyebab atap bocor.

Selain itu, aktivitas anak-anak seperti bermain sepak bola dan menendang bola terlalu keras ke arah atap juga bisa menyebabkan struktur yang berubah pada atap dan menimbulkan kebocoran. Aktivitas hewan seperti kucing yang suka berjalan di atas atap juga perlu diperhatikan karena dapat mengubah bentuk atap.

Solusi Atap Bocor

Untuk menjawab permasalahan penyebab atap bocor, maka pastinya ada solusi dari tiap masalah tersebut. Simak tipsnya berikut ini:

  1. Perawatan Tepat Waktu

Sedia payung sebelum hujan! Kata-kata tersebut adalah langkah paling tepat dalam mencegah atap bocor. Sebelum muncul tanda-tanda kebocoran, ada baiknya rawat atap secara rutin. Anda bisa cek berkala tiap sebulan sekali, kemudian bersihkan sampah-sampah dan kotoran yang menumpuk.

Apabila sudah mulai musim hujan, segera lakukan perawatan yang intensif. Perhatikan apakah ada struktur yang bergeser atau tidak, apakah ada atap yang rusak atau tidak. Perawatan yang rutin dan tepat waktu bisa menjadi langkah paling berharga untuk menghindari penyebab atap bocor.

  1. Gunakan Sealant

Sealant atau lem tahan air adalah sebuah solusi yang sederhana dan mudah dalam hal mengatasi kebocoran. Cobalah gunakan sealant pada area yang berpotensi bocor seperti retakan atau sambungan antar bahan. Agar lebih efektif, pastikan untuk membersihkan terlebih dahulu area yang akan diaplikasikan sealant.

  1. Ganti Genteng yang Rentan

Penyebab atap bocor seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah genteng yang retak, pecah, atau bergeser yang bisa diakibatkan hantaman benda keras. Maka dari itu, jika ada indikasi bahwa atap Anda terkena suatu hantaman, langsung periksa dan ganti dengan yang baru untuk mencegah kebocoran saat hujan.

  1. Konsultasikan dengan Profesional

Untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan atap, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli dan profesional yang memiliki kompetensi dalam struktur atap. Pengetahuan yang mereka miliki akan membantu Anda untuk pemilihan material yang kuat dan tepat, serta pemasangan atap yang benar.

Contohnya, Anda dapat menghubungi kami, Jogja Arsitek untuk membantu Anda mengatasi permasalahan atap Anda. Bukan hanya renovasi, kami juga bisa membantu Anda jika Anda ingin merancang atap baru, mendesain atap yang berkelas, hingga mengeksekusi pekerjaan sampai selesai.

Kami adalah jasa arsitek termurah di Jogja yang bisa Anda temui. Berpengalaman lebih dari sepuluh tahun, kami memiliki kualitas yang bisa Anda buktikan sendiri nanti. Segera hubungi kami dengan klik di sini!

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!