Tips Membuat Ruangan Selalu Dingin Meski Tanpa AC

Ruangan yang selalu sejuk dan dingin ialah dambaan setiap penghuni rumah. Hal pertama yang terlintas agar ruangan selalu dingin ialah menggunakan AC. Karena AC bisa memberikan kesegaran yang merata hingga ke seluruh ruangan.

Apalagi ketika musim panas atau kemarau tiba, pasti suasananya sangat panas dan menggunakan AC ialah pilihan terbaik untuk meningkatkan kesegaran rumah. Bahkan ketika musim panas tiba, paparan sinar matahari bisa membuat kulit terasa terbakar hingga gerah.

simulasi rumah

Membuat ruangan tetap sejuk tentunya bukan hal yang sulit. Berbagai cara bisa dilakukan dan masih banyak cara yang mudah untuk diaplikasikan di rumah Anda. Misalnya menggunakan kipas angin dan lain sebagainya. Bila Anda masih bingung bagaimana cara membuat ruangan tetap sejuk dan dingin, ini dia beberapa ide yang bisa Anda tiru.

  1. Memperbaiki Sirkulasi Udara

Salah satu cara untuk membuat ruangan tetap sejuk dan dingin ialah mulai memperbaiki sirkulasi udara. Biasanya ruangan yang panas identik dengan kondisi yang pengap, untuk itu perlu dibuat langit-langit yang agak tinggi, sehingga sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Akan tetapi, apabila terpaksa memiliki langit-langit yang agak rendah, maka perlu memperbanyak jendela dan kisi-kisi rumah, sehingga pertukaran udara dapat berlangsung lancar.

Kondisi sirkulasi udara yang baik tidka hanya membuat sejuk suatu ruangan, namun juga bermanfaat untuk kesehatan seluruh anggota keluarga.

  1. Memilih Cat Yang Berwarna Lembut

Cara lain untuk membuat ruangan tetap sejuk dan nyaman ialah memilih dan mengaplikasikan cat yang berwarna lembut. Misalnya hijau muda, biru muda, krem, dan warna lembut lainnya. Bisa juga diaplikasikan di ruang tamu. Dengan ini bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk dan segar dibandingkan dengan menggunakan cat yang berwarna terang ataupun gelap.

  1. Mengganti Sprei

Tempat tidur merupakan suatu ruangan yang perlu dijaga kesegarannya. Salah satu cara agar tempat tidur selalu sejuk dan nyaman ialah dengan mengganti sprei dengan bahan yang lebih nyaman dan adem. Anda bisa memulai untuk memilih sprei berbahan dasar katun supaya lebih sejuk. Di samping itu, Anda juga bisa meletakkan bantal soba di tempat tidur agar semakin tambah sejuk.

  1. Memasang Kanopi ataupun Tirai Bambu

Memasang kanopi di teras ataupun halaman depan rumah merupakan salah satu cara untuk mengurangi paparan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih teduh dan sejuk. Bisa juga memasang tirai bambu untuk menghalau sinar matahari.

  1. Melapisi Jendela Dengan Kaca Film

Cara selanjutnya untuk membuat ruangan tetap sejuk ialah melalui pelapisan jendela menggunakan kaca film. Hal ini digunakan sebagai filter agar sinar matahari tidak mudah menembus jendela sehingga membuat udara di dalam rumah semakin bertambah panas. Di samping itu, pemasangan kaca film ini juga bisa membuat jendela lebih awet karena terhindar dari goresan.

  1. Selalu Idingat Untuk Mematikan Peralatan Elektronik Yang Menghasilkan Panas

Langkah lain ialah mematikan segala bentuk perlatan elektronik. Peralatan ini cenderung membuat ruangan menjadi panas ketika selalu dinyalakan tiap hari. Anda juga bisa mengajarkan seluruh anggota keluarga untuk memulai berhemat energi. Misalnya saja selalu mematikan lampu, televisi dan lainnya.

  1. Meletakkan Tanaman Hias Pada Ruangan Agar Lebih Sejuk

Meletakkan tanaman di ruangan merupakan suatu langkah untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk dibanding biasanya. Bahkan menambahkan area hijau pada rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat rumah juga semakin sejuk. Salah satu ide yang bisa Anda gunakan ialah konsep vercal gardern. Tanaman-tanaman tersebut akan memberikan kesegaran tersendiri ketika menghasilkan udara segar dari proses metabolisme tanaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Anda bisa mencobanya di rumah Anda mulai dari saat ini. Cara lain mungkin juga bisa Anda temukan dengan mencoba berbagai alternatif di rumah Anda atau dengan memodifikasinya. Selamat mencoba.

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!