Tips Agar Ruang Keluarga Nyaman dan Bebas Berantakan

Ruang keluarga menjadi salah satu spot yang cukup penting dalam kehidupan di rumah. Banyak kenangan dan aktivitas yang tercipta di sana. Sanak saudara dan anggota keluarga lainnya akan berkumpul dan berbagi kisah di ruang tersebut. Jadi akan lebih baik bila ruang keluarga dibuat lebih nyaman dan bebas dari kesan berantakan.

Oleh sebab itu, penataan ruang keluarga yang tepat akan sangat mendukung terciptanya suasana tenang di ruang kelurga.

jasa perencanaan dan desain interior

Penataan ruang keluarga membutuhkan sisi seni tersendiri. Harus mempertimbangkan agar keluarga nyaman selalu di luar kamar masing-masing. Berbagai furniture bisa ditambahkan di ruanganĀ  ini, akan tetapi diusahakan agar tidak memenuhi ruangan. Perhatikan juga terakit faktor kerapian dalam penataan. Ini dia tips menata ruang keluarga agar nyaman dan bebas berantakan.

  1. Menyimpan barang pada tempatnya

Merapikan dan menata ruang keluarga dirasa semakin sulit bila banyak barang yang berserakan di mana-mana. Sebaiknya, buat tempat penyimpanan barang atau kabinet. Bisa juga rak penyimpanan yang ditempatkan di ruang keluarga. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan dengan rapi bantal, buku, selimut, aminan ataupun perlengkapan lainnya. HAl ini akan memudahkan Anda ketika mencari ketika barang-barang tersebut hilang. Rak penyimpanan bisa juga difungsikan sebagai dekorasi untuk memperindah ruangan.

  1. Memilih dan menggunakan furniture yang tepat sesuai dengan luasan ruangan

Ruang keluarga yang nyaman juga tidak terlepas dari pemilihan furniture yang tepat. Apabila ruang keluarga di rumah Anda memiliki luasan yang relatif sempit, Anda hendaknya memilih sofa atau bangku yang berukuran lebih kecil. Untuk meja juga lebih baik dipilih meja yang ukurannya mungil dibandingkan dengan meja berukuran besar. Bila ukuran ruangan tidak sesuai dengan luasan ruangan bisa berdampak kesan ruangan yang menjadi lebih sempit.

  1. Hindari mnggunakan terlalu banyak furniture

Bila di ruang keluarga menggunakan banyak furniture akan membuat Anda merasa bingung bagaimana penataannya. Oleh sebab itu, Anda harus bijak dalam memilih furniture apa saja yang akan dibeli. Tentunya pilihlah furniture yang benar-benar dibutuhkan dan jelas kebermanfaatannya. Misal, memilih lemari dengan banyak ruangan, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang dan tidak tercecer.

  1. Pilih posisi terbaik untuk menempatkan furniture

Untuk mendapatkan hasil akhir berupa ruangan yang telihat lapang, Anda perlu mengetahui dengan baik posisi yang tepat untuk menempatkan furniture. Sofa hendaknya ditempatkan dekat dinding agar tidak terjadi penghamburan ruangan. Anda bisa mengatur posisi ini dengan melihat inspirasi dari internet, ataupun majalah. Akan lebih baik bila Anda langsung berkonsultasi dengan jasa desain interior rumah Anda.

  1. Menambahkan dekorasi berupa tanaman di ruang keluarga

Menambahakan tanaman hijau sebagai dekorasi ruangan adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membuat ruangan terasa segar sekaligus nyaman untuk dipandang. Anda menjadi tidak mudah merasa bosan ketika berlama-lama di ruangan tersebut. Tanaman yang dipilih bisa tanaman hidup ataupun tanaman sintetis. Hal ini bisa mengalihkan pandangan mata Anda agar tidak merasa lelah memandang warna yang sama .

  1. Memilih warna cat tembok yang senada

Warna penting dalam hal desain interior ruangan. Warna yang tidak senada akan menimbulkan kesan yang berantakan dan saling bertabrakan. Oleh sebab itu, pilihlah warna dinding, lantai, furniture yang memang hampir senada atau setidaknya memiliki kesinambungan warna agar semakin terasa nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar ruang keluarga Anda lebih nayaman. Kesan berantakan bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Hal terpenting ialah selalu membersihkan ruangan dan menjaga kerapiannya. Biasanya ini sudah menjadi salah satu kriteria yang cukup membuat anggota keluarga betah berlama-lama di ruang keluarga. Semoga bermanfaat.