Tips Rumah Segar dan Wangi

Tips Rumah Segar dan Wangi

Mau Rumah Anda Tetap Segar dan Wangi? Jangan Lewatkan Tips dan Trik Ini

Kenyamanan rumah tidak hanya selalu bersih dan rapi, tetapi juga harus segar serta bebas dari bau tidak sedap. Aroma juga penting untuk diperhatikan karena bila rumah beraroma wangi dan menyegarkan akan membuat penghuni rumah semakin betah.

Selain itu, aktivitas bercengkerama dan berbagai kasih dengan sesama anggota keluarga lebih berkualitas tanpa adanya gangguan dari lingkungan. Akan tetapi, aroma wangi tidak bisa muncul dengan sendirinya. Terkadang bau tak sedap bisa muncul dari mana saja.

Misalnya sampah yang tidak dibuang, tumpukan baju kotor, ataupu ventilasi yang tidak lancar. Bisa juga dari wastafel yang jarang dibersihkan, sehingga penyaring kotor akan sisa-sisa makanan. Oleh sebab itu, Anda sebagai penghuni rumah harus lebih rajin-rajin dalam membersihkan agar selalu nyaman.

jogja arsitek tips
Photo by Kara Eads on Unsplash

Agar rumah selalu segar dan wangi Anda bisa melakukan berbagai hal, selain tindakan preventif yakni pembersihan. Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut agar rumah tetap segar sepanjang waktu.

  • Rutin membersihkan pembuangan pada wastafel

Apabila bau menyengat keluar di dapur biasanya berasal dari sampah dapur ataupun pembuangan wastafel. Bila sampah sudah dibuang dan dibersihkan, maka cek pembuangan wastafel. Biasanya jika tidak dibuang akan menumpuk, berjamur, lembek dan menghasilkan bau tidak sedap. Tentu saja itu akan menganggu segala kenyamanan dan aktivitas keluarga.

  • Membersihkan karpet dan selalu menjaga kesegarannya

Karpet yang selalu berada di lantai bukan berarti selalu bersih meskipun berada di dalam ruangan. Selalu bersihkan karpet dari debu menggunakan penyedot debu. Selain itu, jemur karpet beberapa minimal 1 minggu sekali agar bagian bawah karpet kering, tidak lembab. Bagian bawah yang lembab juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau tidak sedap pada ruangan.

  • Membuang sampah dapur dan sampah lainnya

Sebagaimana diuraikan pada poin 1 (satu), sampah dapur yang menumpuk bisa menyebabkan bau tidak sedap. Oleh sebab itu, segera kosongkan bak sampah setiap habis selesai masak. Biasakan membuang sampah dapur sehari sekali atau bila sudah terlihat begitu penuh segera dibuang.

  • Menaruh lilin aroma di beberapa sudut ruangan

Jika Anda sudah membersihkan wastafel dan sampah dapur namun masih agak ada bau tidak sedap, mungkin sebaiknya Anda menaruh lilin wangi atau lilin aroma di setiap sudut ruangan. Lilin ini memberikan aroma wangi. Tidak harus dinyalakan, cukup diletakkan saja dan nikmati aromanya.

  • Merebus rempah dan buah

Cara ini adalah yang paling sederhana, namun juga unik. Merebus rempah dan buah dinilai tidak biasa dan aneh. Namun, jika dilakukan hasilkan akan memberikan keharuman ruangan, karena aroma yang dikeluarkan dari rebusan buah dan rempah wangi. Sebagai contoh merebus buah jeruk dengan lavender ataupun daunĀ  mint akan memberikan aroma yang menyegarkan. Aroma yang dihasilkan biasanya bergantung dari buah dan rempah yang dicampurkan.

  • Meletakkan pewangi di ventilasi udara

Menaruh pewangi di dekat ventilasi udara juga menjadi salah satu tips agar ruangan selalu wangi. Ketika udara berhembus, maka akan ikut menebarkan keharuman dari pewangi yang digantungkan dekat ventilasi udara.

  • Menaruh tanaman yang beraroma

Tanaman bisa menjadi hiasan untuk mempercantik keindahan rumah, namun juga bisa menambah kesegaran. Sebut saja melati, eucalyptus, dan gardenia mampu memberikan aroma yang menyegarkan di ruangan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga agar ruangan di rumah Anda selalu wangi dan segar setiap hari. Kebersihan rumah adalah hal yang utama, namun kesegaran juga penting untuk diperhatikan. Keduanya akan diperoleh bila kita sebagai penghuni rumah selalu rajin dalam membersihkan dan merawat rumah.