Keramik Rumah Anda Menggembung? Ini Dia Cara Cerdas Mengatasinya

Keramik Rumah Anda Menggembung? Ini Dia Cara Cerdas Mengatasinya

Pernahkah Anda menjumpai lantai rumah menggembung atau terangkat ke atas? Jika pernah dan terjadi di rumah Anda, pasti membuat Anda merasa kecewa bukan? Tujuan kita memasang keramik rumah ialah agar interior rumah lebih nyaman, estetik, dan baik-baik saja selama ditinggali. Akan tetapi, kejadian-kejadian tersebut terkadang memang tidak dapat dihindari, terutama keramik yang menggembung.

Photo by Possessed Photography on Unsplash
Photo by Possessed Photography on Unsplash

Pertanyaannya? Mengapa keramik bisa menggembung? Kondisi keramik terangkat ke atas biasanya dinamakan dengan popping. Hal ini karena peristiwa pemuaian pada keramik yang terpasang. Keramik bisa memuai ketika tekanan pada keramik terlalu besar. Bisanya terjadi karena pemasangan yang terburu-buru, sehingga kurang memperhatikan segi presisi.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar keramik tidak mudah menggembung? Simak yuk penjelasan berikut:

  1. Memberi Jarak

Keramik lantai hendaknya dipasang dari bagian tengah ke bagian tepi yang berbatasan dengan dinding langsung. Hendaknya memberi jarak antara lantai dengan dinding sekitar 2 mm sebagai tempat untuk penyusutan keramik. Ruang tersebut berguna untuk pemuaian keramik, sehingga ketika keramik memuai tidak terangkat ke atas.

  1. Memasang Bantalan Karet Atau Busa

Pada celah antara keramik dan dinding bisa dipasangi dengan bantalan karet ataupun busa. Tujuannya agar terlihat lebih rapi. Selain itu, busa ini dapat menampung pembesaran volume yang dihasilkan keramik saat memuai.

  1. Perhatikan Kualitas Adukan

Saat memasang keramik hendaknya gunakan adukan yang berkualitas bagus. Apabila digunakan campuran semen dan pasir yang tidak rata justru akan menyebabkan daya rekat adukan terhadp keramik berkurang. Ketika adukan yang digunakan kurang baik, maka ketika terjadi pemuaian sedikit saja, adukan tidak mampu menahan terangkatnya keramik. Oleh sebab itu, lebih baik digunakan adukan yang berkualitas tinggi dan konsisten. Juga perlu adukan yang mengandung bahan adtif yang mampu meningkatkan daya rekat.

Itulah beberapa tips untuk mencegah terjadinya keramik yang menggembung. Anda bisa mempraktikkannya di rumah. Anda juga bisa mencari beberapa referensi lain yang sesuai dengan kondisi keramik di rumah Anda.