Dak Rumah Anda Cukup Luas? Simak Yuk Ide Pemanfaatannya

Dak Rumah Anda Cukup Luas? Simak Yuk Ide Pemanfaatannya

Salah satu area yang sering terlewatkan untuk dimanfaatkan adalah atap dak yang dibiarkan begitu saja. Maksudnya area ini kadang kosong begitu saja, tidak digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi penghuni rumah.

Dak adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pembatas antara lantai bawah dengan lantai atas sebuah bangunan. Selain itu, dak juga sering ditujukan sebagai konstruksi yang berada di bagian paling atas. Padahal atap dak ini bisa dimanfaatkan sejak awal untuk menjadi area yang bermanfaat bagi seluruh penghuni rumah. Atap dak bisa menjadi rooftop garden yang memiliki banyak manfaat seperti area hijau, mendinginkan bangunan, dan lainnya.  Kamu juga bisa memanfaatkan atap dak sebagai rooftop area seperti tempat yang mirip bar atau cafe yang menjadi tempat kamu nongkrong.

Photo by garrett parker on Unsplash
Photo by garrett parker on Unsplash

Untuk membantumu mengkreasikan area di bagian atas rumah ini, yuk simak inspirasinya berikut ini dari jogja Arsitek.

 

  1. Mempercantik Atap Dak Dengan Lampu

Kalau kamu sering berada di atap dak saat malam hari, jangan lupa untuk mempercantiknya dengan memasang lampu. Pilihannya banyak mulai dari lampu yang kecil, lampu sorot, dan lainnya, sesuaikan dengan luas atap.

 

  1. Taman Yang Cantik

Kamu lebih suka bercocok tanam di rumah ketimbang nongkrong di atap, jadikan saja taman atap. Tanaman hias yang cantik bisa menjadi pilihan seperti ini, namun kamu juga bisa memilih tanaman obat, sayuran, atau buah-buahan.

 

  1. Kolam Jacuzzi

Suka berendam dan bersantai di jacuzzi, pasang saja tempat berendam yang nyaman di atap dak. Jangan lupa untuk menjadikan area tersebut privat sehingga waktu berendam tidak terganggu oleh tetangga.

 

  1. Atap Dak Layaknya Hotel Berbintang

Area makan, bar, dan juga tempat bersantai, seperti ada di hotel berbintang yang ada di Bali atau Lombok ya. Ingin suasana seperti ini? Ubah saja atap kamu seperti ini agar bisa menjamu tamu yang datang ke rumah.

 

  1. Kolam Renang Kecil

Ingin memanfaatkan atap dak sebagai kolam renang, bisa saja tetapi memang ukurannya memang kecil.

Kolam renang ini bisa digunakan untuk anak-anak bermain air atau sekedar berendam menghindari panas.

 

  1. Bar Atau Cafe Dadakan

Suka menjamu tamu di rumah dan pintar membuat minuman seperti barista, kenapa tidak membuat bar atau cafe di atap.

Kamu bisa memamerkan keahlian meracik kopi dengan mesin kopi, ya sesekali jadi barista dadakan.

 

  1. Tempat Kerja yang Pastinya Beda Banget

Bosan untuk bekerja di ruang kerja atau di dalam rumah, pilih saja atap dak sebagai tempat kerja. Taruh saja meja dan kursi, kamu sudah bisa untuk bekerja di sini, jangan lupa untuk memasang koneksi listrik dan internet.

Demikian sejumlah ide untuk memanfaatkan dak rumah. Selamat mencoba. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Jogja Arsitek.