Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mendesain Dapur Rumah

Sebuah rumah jika tidak ada ruangan untuk memasak dan mengolah makanan yang biasa kita sebut sebagai dapur, pastinya tidak akan memenuhi standar rumah sehat dan ramah lingkungan.

Selain tidak dapat memenuhi standar, ketiadaan dapur di rumah tentu akan menjadi problematika tersendiri bagi pemilik rumah. Mereka kebanyakan tidak akan merasa nyaman jika didalam rumah tidak memiliki dapur.

Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash

Nah, bagi Anda yang ingin membuat dapur baru atau ingin mendesain dapurnya dengan model minimalis saat ini berikut SGCKA sajikan beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan demi kenyamanan dan fungsi dari dapur tersebut.

  1. Penataan Letak Perabotan dapur

Penataan perabotan yang ada pada dapur harus benar-benar diperhatikan. Tata letak menjadi aspek utama atau paling penting dalam mendesain dapur yang bagus dan nyaman di dalam rumah. Kulkas dan perabotan pecah belah seperti piring, gelas dan lemarinya diletakkan berjajar. Kompor lebih baik pada tengah tembok dan jauhkan dari kulkas. Lemari gantung di sejajarkan pada tembok yang sama agar tidak memakan space ruangan.

  1. Pilih Meja Minimalis

Rumah minimalis biasanya memiliki ukuran dapur yang minimalis juga. Meja biasanya diletakkan di tengah ruang pada dapur minimalis. Dengan ukuran meja yang besar maka akan memakan tempat pada ruangan dapur Anda. Jadi Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan meja yang minimalis dan menggunakan beberapa kursi saja jangan terlalu banyak.

  1. Pencahayaan Ruang

Dapur tidak bisa dilepaskan dari aktifitas memasak. Sedangkan kegiatan masak-memasak cenderung sekali pada kegiatan yang mengakibatkan ruangan kotor. Nah, oleh latar belakang itulah pencahayaan menjadi aspek yang juga penting dan perlu diperhatikan pada dapur Anda. Dapur yang memiliki pencahayaan yang bagus dan tepat akan menghasilkan kesan ruangan yang bersih dan nyaman.

  1. Ventilasi udara

Ventilasi udara sama pentingnya seperti pada aspek pencahayaan dapur. Anda bisa memasang jendela yang agak lebar pada sisi tembok dapur Anda yang menghadap ke luar rumah sehingga sewaktu-waktu Anda memasak jendela tersebut bisa dibuka dan menjadi jalur pergerakan udara.

  1. Maksimalkan Space Ruangan

Aspek penting selanjutnya yakni pemanfaatan space ruangan semaksimal mungkin. Jangan biarkan ada ruang kosong tak terpakai pada dapur Anda. Konsep pemanfaatan ruangan menjadi hal yang perlu diperhatikan jika hendak mendesain dapur minimalis.

  1. Tempat Sampah

Dapur juga tidak bisa dipisahkan dari sampah. Sampah bisa dihasilkan dari aktivitas masak memasak yang dilakukan. Untuk itu aspek ini penting sekali dan perlu diperhatikan pada saat Anda mendesain dapur minimalis Anda. Taruhlah tempat sampah ukuran sedang atau sesuaikan dengan kebutuhan dan letakkan di tempat yang strategis di dapur Anda.

Nah, demikian Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mendesain Dapur Rumah yang bisa menjadikan acuan dalam desain interior dapur Anda.