Pentingnya Ventilasi Rumah dan Ide Desain Terbaik

ventilasi udara

Ventilasi rumah merupakan salah satu komponen yang amat penting. Kualitas udara adalah unsur nomor satu yang tidak bisa disepelekan saat Anda beraktivitas di dalam ruangan. Adanya saluran udara yang baik, dapat menyediakan perputaran udara yang efisien.

Pada artikel kali ini, akan dibahas terkait pentingnya ventilasi rumah secara lebih jelas dengan pembahasan yang padat. Anda akan diajak menjelajahi betapa pentingnya memiliki sistem saluran udara yang tepat sasaran pada rumah Anda, serta ide desain menarik yang akan membuatnya lebih unik.

Pentingnya Ventilasi Rumah

Ventilasi rumah memberikan perputaran atau sirkulasi udara pada ruangan-ruangan di rumah Anda. Ia berfungsi untuk membuang udara kotor, dan menggantinya dengan udara yang jauh lebih segar. Ketiadaan saluran udara tentunya akan membuat kualitas udara di dalam suatu ruangan akan lebih kotor, tercemar, dan juga tidak sehat.

Dampak dari udara yang tidak bersirkulasi dengan baik akan menimbulkan sejumlah efek samping yang tentunya berbahaya bagi manusia. Contohnya masalah pernapasan, iritasi pada mata dan kulit, serta meningkatnya jumlah bakteri. Selain itu, bahan pangan yang Anda simpan juga lebih mudah berjamur karena lembabnya ruangan, begitu juga pakaian yang lebih cepat apek. Jika Anda pecinta buku, ketiadaan sirkulasi udara pada ruang baca bisa saja mempercepat pelapukan pada kertas-kertas buku Anda.

Saluran udara yang dipasang dengan tepat sasaran dan baik juga akan memberikan keuntungan yaitu hemat energi. Anda tidak perlu menggunakan penghangat maupun pendingin ruangan secara berlebihan sebab saluran udara akan mengatur suhu ruangan Anda menjadi lebih stabil.

Ide Desain Ventilasi Rumah

Ada berbagai ide desain untuk ventilasi rumah Anda. Selain tujuan fungsional, tentunya saluran udara juga bekerja sebagai sentuhan estetika pada rumah Anda. Apa saja ide tersebut, berikut kami sajikan:

  1. Ventilasi Natural Menggunakan Jendela

Anda dapat memaksimalkan peran jendela yang dapat dibuka dan tutup sebagai ventilasi rumah. Tipsnya, pasanglah jendela pada dua sisi dinding yang saling berlawanan. Alhasil, saat kedua jendela dibuka, masing-masing akan mengantarkan aliran udara yang saling keluar-masuk.

Selain itu, jendela juga dapat memberikan pencahayaan yang membuat Anda lebih hemat energi. Buka tutup pada jendela juga akan memudahkan Anda saat Anda merasa kedinginan maupun kepanasan. Buka tutup ini akan mengefektifkan penyesuaian suhu pada rumah Anda. Saat Anda merasa terlalu dingin, tutup jendela rumah. Saat Anda merasa terlalu lembab dan gerah, buka lagi jendela.

  1. Exhaust Fan

Anda pernah berkunjung ke gedung olahraga? Kebanyakan gedung olahraga menggunakan kipas saluran udara. Ide ini tentu bisa Anda terapkan pada ventilasi rumah Anda.

Mungkin saja Anda memiliki satu ruangan yang wajib untuk kedap suara dan kedap cahaya, seperti studio musik atau ruang kerja/meeting. Maka dari itu, exhaust fan sangat penting untuk ruangan yang tidak memiliki jendela sebagai ventilasi alami.

  1. Ventilasi Mekanis

Yang satu ini, akan Anda lebih sering temui di tempat publik yang lebih besar seperti pusat perbelanjaan atau gedung pertunjukkan. Biasanya, ia akan terletak di langit-langit untuk menunjang perputaran udara yang efisien di ruangan yang amat luas.

Konsep ini bisa Anda terapkan di rumah. Beberapa orang meletakkannya di dapur untuk membantu kinerja cooker hood dalam mengeluarkan udara yang terkontaminasi dengan aroma dan asap aktivitas memasak. Atau biasanya digunakan pada kamar mandi/toilet yang tentunya memerlukan privasi sehingga kadang tidak ada celah untuk ventilasi.

  1. Stack Effect

Stack effect adalah saat ada dua penyalur udara yang saling bertumpuk. Misalnya, di atas ada lubang-lubang ventilasi, di bawahnya ada jendela buka tutup. Konsep demikian bisa memaksimalkan perputaran udara.

Udara kotor bisa keluar dari jendela, sedangkan udara bersih dan segar akan masuk melewati stack paling atas yaitu lubang-lubang. Secara artistik, model ini bisa divariasikan untuk menimbulkan kesan estetik pada rumah Anda.

  1. Hybrid Ventilation

Saat Anda memiliki jendela yang dapat dibuka tutup, Anda juga bisa menggunakan bantuan air conditioner ataupun kipas angin di langit-langit untuk membantu sirkulasi udara.

Konsep ini adalah yang terbaik saat Anda merasa bahwa rumah Anda berada di wilayah yang rentang kriminalitas. Pada malam hari, tentunya Anda harus menutup jendela agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Di saat itu pula, kinerja AC atau kipas angin berfungsi sebagai alternatif.

  1. Solar Chimney

Apabila Anda merasa bahwa tinggal di iklim tropis dan saat musim panas radiasi dari matahari sangat menyengat, cobalah untuk memaksimalkan ventilasi rumah dengan desain solar chimney.

Saluran udara ini memiliki sistem yang menyerap hawa panas matahari dan mengeluarkannya secara langsung. Jadi, udara yang akan masuk ke dalam rumah adalah udara segar yang sudah melalui filter.

Selain itu, solar chimney bisa menjadi salah satu keunikan bagi desain arsitektur rumah Anda. Bentuknya yang unik bisa dipadukan dengan gaya arsitektur sesuai dengan selera Anda.

  1. Windcatcher

Apakah Anda pernah melihat sesuatu seperti cerobong asap pada rumah-rumah orang? Tentunya itu bukan cerobong asap karena ia tidak memiliki fungsi untuk mengeluarkan asap pemanas, akan tetapi sebagai penyalur udara.

Benda itu disebut sebagai windcatcher dan bisa menjadi tren bagi Anda yang memiliki usaha seperti kos-kosan yang memerlukan sirkulasi udara pada bangunan yang besar.

Saluran udara yang satu ini sudah menjadi sistem ventilasi rumah tradisional di berbagai belahan dunia! Sebelum ada teknologi yang mumpuni, windcatcher hadir dengan sisi praktisnya yang unik.

Itulah tadi penjabaran kami terkait ventilasi rumah dan seberapa pentingnya memiliki saluran udara. Selain itu, kami telah memberikan ide desain yang sering menjadi tren untuk saluran udara di rumah Anda.

Apabila Anda tertarik membahas lebih lanjut terkait ventilasi pada rumah Anda, ayo segera hubungi kami, Jogja Arsitek. Kami akan membantu Anda dalam berdiskusi terkait saluran udara seperti apa yang bagus dan tepat untuk rumah atau bangunan yang Anda miliki. Segera hubungi Jogja Arsitek, jasa arsitek dan desain interior terpercaya dengan segudang pengalaman!

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!