Taukah Anda Syarat Rumah Dikatakan Ideal? Simak Yuk

Memiliki rumah tentu hal yang sangat diinginkan bagi sebagian besar orang. Akan tetapi, untuk mendapatkan rumah yang berkualitas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Banyak hal yang perlu diperhatikan guna diperoleh bangunan dengan nilai kualitas tinggi.

Segi keamanan bangunan menjadi hal terpenting ketika akan membangun. Meskipun demikian, kenyaman juga turut andil dalam baik tidaknya suatu bangunan untuk dihuni.

simulasi rumah minimalis
Photo by Jacques Bopp on Unsplash

Beberapa persyaratan rumah ideal perlu dilihat secara teknis dan juga matematis. Akan lebih baik jika Anda juga banyak memahami apa saja detail kebutuhan yang perlu diperhatikan.

Jangan sampai hanya karena mengejar nilai   estetika Anda mengesampingkan segi keamanan. Semua harus dalam konsep yang seimbang antara aman, nyaman dan juga elegan.

Beberapa rumah dibangun harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, misalnya standar bangunan tahan gempa, standar arsitektur bangunan perumahan dan lain sebagainya.

Bangunan rumah secara garis besar memilki memilki struktur pendukung yang utama meliputi pondasi, rangka bangunan, dan atap.

Dari ketiga pendukung utama tersebut hendaknya memenuhi 4 persyaratan sehingga bisa dikatakan bhawa rumah tersebut sudah ideal.

  1. Pendukung utama bangunan harus kuat

            Suatu bangunan perlu memiliki pendukung utama bangunan harus kuat. Konstruksi harus kuat agar tidak mudah roboh dan aman bagi penghuninya. Banyak bangunan-bangunan yang tidak memperhatikan standar, terutama struktur dan pondasinya. Beberapa membuat bangunan tersebut tidak layak huni, mudah roboh ketika terkena gempa dan yang paling parah baru berjalan beberapa tahun bangunan sudah banyak yang mengalami kerusakan.

  1. Bangunan harus tahan lama

Bila Anda memiliki rumah yang awet dan tahan lama tentu Anda akan merasa senang. Tidak membutuhkan banyak biaya renovasi ataupun pergantian material. Bisa jadi hanya pergantian warna cat saja. Agar didapat rumah yang awet dan tahan lama perlu diperhatikan pemilihan kualitas material yang digunakan. Pilihlah material yang sesuai dengan standar dan patuhi juga terkait standar penggunaannya. Sebagai contoh apabila dalam suatu pembuatan kolom ruma 2 lantai membutuhkan besi tulangan sebanyak 6, maka jumlah yang digunakan di lapangan perlu disesuaikan dengan standar yang ada. Bila dikurangi kemungkinan akan membuat kolom menjadi lebih mudah keropos dan mudah roboh ketika terkena guncangan.

  1. Keindahan

Keindahan ini bertujuan untuk membuat suatu nilai lebih dari sebuah rumah. Selain itu, bisa memberikan kebanggan tersendiri bagi pemilik rumah. Bila rumah indah dan tertata dengan rapi juga berseni akan membuat pemilik serta seluruh penghuni rumah betah berlama-lama di rumah. Polesan indah rumah bisa berupa dalam bentuk fasadnya ataupun penempatan ornamen-ornamen yang sesuai, sehingga diperoleh desain y ang estetik sekaligus juga elegan.

  1. Kesehatan

Rumah sebagai tempat tinggal ialah wadah yang akan ditinggal dalam waktu cukup lama. Untuk, itu perlu memperhatikan kesehatan penghuninya. Lingkungan yang bersih, sirkulasi udara baik, sinar matahari masuk dengan mudah, sehingga mampu menjaga kesehatan penghuninya.

Itulah beberapa uraian mengenai kriteria rumah yang ideal. Bagi Anda yang ingin membangun rumah sebaiknya direncanakan dengan baik agar layak untuk dihuni. Begitu pula dengan seseorang yang ingin membeli rumah, maka perlu memperhatikan berbagai hal tersebut agar tetap layak huni. 

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!