Tips Agar Ruangan Tak Berjendela Tetap Terang

Tips Agar Ruangan Tak Berjendela Tetap Terang

Pernahkah Anda memiliki ruangan di rumah yang tidak berjendela sama sekali? Entah disebabkan karena memang tidak terdapat sapce untuk peletakan jendela atau salah dalam mendesain rumah. Bagaimana Anda mengatasinya agar ruangan tetap terang? Jendela rumah memang sebenarnya sangat dibutuhkan sebagai sumber sirkulasi udara maupun cahaya. Bila rumah tidak memiliki jendela sirkulasi menjadi agak terhambat. Jumlah cahaya yang masuk ke rumah juga menjadi berkurang, terutama ketika siang hari.   

jasa desain interior

Lalu apa yang perlu dilakukan agar rumah tetap terang? Ada banyak cara yang dapat Anda coba, misalnya dengan menaruh pintu kaca, sehingga ikut mendapatkan cahaya dari ruangan lain. Cara ini relatif mudah dibanding cara lainnya. Namun bagi Anda yang lebih menyukai privasi, Anda bisa menambahkan tirai pada pintu kaca, sehingga ketika Anda butuh privasi Anda bisa menutupnya menggunakan tirai.

  1. Memilih Furniture Yang Terang

Terkadang beberapa orang justru ragu untuk memilih furniture berwarna terang misalnya putih. Padahal, warna putih bisa memberikan kesan lebih terang, cerah dan membuat ruangan terasa lebih luas. Sebagai contoh ketika Anda memilih sofa berwarna putih dan meletakkan meja kabinet di sampingnya bisa membuat dinding rumah Anda terlihat lebih luas dan tinggi. Dengan demikian, ruangan akan terasa lebih besar dan cukup terang dibanding dengan pemilihan warna lain. Oleh sebab itu, sobat jogja arsitek bila diajak orang tua untuk membeli furniture jangan lupa untuk memberikan saran warna putih.

  1. Menggunakan Beberapa Warna Terang

Haruskah menggunakan warna-warna terang pada ruangan tak berjendela? Tentu saja tidak. Akan tetapi, akan lebih indah ketika Anda memilih warna-warna dengan pancaran terang agar ruangan menjadi lebih hidup. Meskipun demikian, satu jenis warna cerah saja masih tidak cukup lho untuk ruangan yang gelap. Anda harus mengkombinasikan dengan warna cerah lain agar suasana lebih hidup.

  1. Memaksimalkan Pencahayaan

Rumah Anda memiliki ruangan yang gelap? Jangan takut untuk memaksimalkan cahaya lampu. Karena hal tersebut akan memberikan kesan lebih terang.

  1. Jangan Melupakan Beberapa Tanaman

Menambahkan tanaman hidup ke dalam ruangan memang bisa membat ruangan terasa penuh. Akan tetapi, disatu sisi juga bisa membuat ruangan terasa lebih hidup. Anda perlu memilih jenis tanaman yang tidak begitu besar dan banyak jumlahnya. Sesuaikan dengan kondisi ruangan, sehingga tidak terkesan penuh. Anda cukup memilih tanaman yang memiliki bunga lebih terang. Meskipun demikian, Anda perlu merawatnya agar tanaman dapat tumbuh dengan normal. Sesekali bawalah keluar agar memperoleh sinar matahari secara langsung untuk membantu proses pertumbuhannya.

  1. Memilih Seni Yang Tepat

Bila Anda tidak begitu menyukai tanaman, Anda dapat memilih benda-benada bernilai seni yang tepat. Pilihlah lukisan yang membuat ruangan juga terasa lebih hidup. Bisa juga memilih lukisan abstrak ataupun memajang foto-foto perjalananmu. Bisa ditambahkan lampu kerlap kerlip, sehingga menambah suasana yang lebih keren.

Itulah beberapa cara agar ruangan gelap di rumah Anda tetap terang. Anda juga bisa mencoba metode lainnya agar ruangan tetap cerah dan terang. Selamat mencoba.