Simak Tips Beberes Rumah setelah Lebaran

Lebaran menjadi moment yang paling ditunggu oleh berbagai kalangan. Moment tersebut sangat dinanti karena bisa menjadi ajang berkumpulnya anggota keluarga. Saling bersilaturahmi, bercengkerama, makan bersama hingga berbagai pengalaman dengan sesama anggota keluarga ialah moment yang indah yang tak terlupakan. Bagi sebagian orang, misalnya perantau, moment tersebut hanya bisa terjadi satu tahun sekali. Apalagi setelah pandemi selama hampir 2 tahun, banyak anggota keluarga yang belum bisa berkumpul dan bertemu. Alhasil pada lebaran tahun ini, banyak keluarga yang telah mampu bertemu dan berkumpul.

Photo by Jorge De Jorge on Unsplash
Photo by Jorge De Jorge on Unsplash

Tapi, tahukah Anda? Ketika kita berkumpul bersama, makan bersama dan berbagai pengalaman tentu akan membuat suasana rumah lebih ramai. Selain itu, furniture dan perabotan lain yang sebelumnya telah tertata rapi, mau tidak mau pasti akan berubah posisi menjadi kurang rapi. Hal itu wajar dan normal. Sebenarnya hal tersebut bukan menjadi suatu masalah yang berarti karena kita bisa memperbaiki dan beberes di kemudian hari. Akan tetapi, terkadang kita merasa lelah jika terlalu banyak yang harus dibereskan. Biar tidak lelah dan terus mengeluhkan suasa rumah yang kurang rapi, simak dulu yuk tips beberes rumah setelah lebaran

  1. Bersihkan dapur dan alat makan terlebih dahulu

Dapur menjadi bagian yang paling pertama dibersihkan karena dari tempat inilah makanan dan minuman biasa disajikan untuk anggota keluarga. Berbagai jenis masakan yang dimasak pasti membuat banyak peralatan dapur kotor. Oeh sebab itu, langkah awal yang harus dilakukan ialah mencuci semua perlatan dapur yang digunakan. Termasuk juga perlatan makan. Cuci hingga bersih dan biarkan mengering kemudian simpan kembali pada tempatnya agar dapur kembali bersih dan rapi. Jangan lupa untuk mengecek kembali apakah ada makanan sisa yang masih bisa diolah kembali atau bisa disimpan untuk dimakan di kemudian hari.

  1. Membersihkan tempat penyimpanan makanan, terutama kulkas

Menjelang lebaran, pasti kita akan memenuhi kulkas dengan stok bahan makanan. Setelah makanan terseut diolah, tentunya akan membuat kulkas sedikit terlihat kotor karena sisa bahan makanan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk kembali membersihkan kulkas tersebut agar tidak bau.

  1. Mulai membersihkan dan merapikan kembali ruang tamu

Jika Anda menerima kunjungan lebaran dari saudara-saudara Anda ruang tamu pasti menjai salah satu tempat yang paling sering digunakan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ruang tamu menjadi tempat yang paling berantakan. Bersihkan tempat ini dan rapikan dengan segera. Lap furniture kalau perlu ganti karpet bawah agar lebih rapi dan bersih. Anda juga bisa mulai mengganti sarung bantal di sofa jika diperlukan. Apabila terdapat dekorasi lebaran misalnya bunga potong, hiasan ketupat buatan dan lain sebagainya, bisa Anda lepas dan buang bunga potong yang sudah layu agar tidak membuat ruangan tampak kurang rapi.

  1. Merapikan dan membersihkan tempat tidur

Bagian terakhir yang harus dirapikan ialah tempat tidur. Ketika Anda menerima tamu, misalnya saja saudara yang datang dari jauh, maka kamar tamu di rumah Anda pasti akan digunakan. Oeh sebab itu, setelah tamu selesai menginap dan lebaran pun sudah usai alangkah baiknya Anda juga membersihkan kamar tersebut. Tidak menutup kemungkinan kamar pribadi Anda yang juga terlihat berantakan. Maka perlu juga untuk dibersihkan dan dirapikan kembali agar tidur Anda berkualitas dan nyaman.

Itulah beberapa tips untuk beberes rumah setelah lebaran. Anda bisa memulai membereskan dan membersihkan sesuai keinginan Anda dan disesuaikan dengan kondisi rumah Anda. Selamat mencoba.