Tips Membuat Meja Makan Selalu Rapi dan Nyaman

Meja makan yang rapi, tata letak dan penempatan juga teratur pasti membuat seluruh penghuni rumah menjadi betah untuk berlama-lama di meja makan. Apalagi sambil menikmati makanan yang lezat ditemani obrolan ringan seluruh anggota keluarga. Pasti akan menjadi kenangan yang akan sangat dirindukan.

Semua itu bisa dicapai bila didukung dengan penataan meja makan yang selalu rapi, bersih juga membuat nyaman. Bukan hal yang mudah memang untuk dapat diperoleh kondisi meja makan yang memberikan rasa nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Namun, bisa dilakukan dengan menari berbagai informasi dan inspirasi dari internet ataupun meminta saran dan pendapat kepada kerabat atau sahabat.

Photo by Sidekix Media on Unsplash

Dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai tips-tips untuk memperoleh kondisi meja makan yang selalu nyaman untuk anggota keluarga. Tips ini bisa Anda coba dan tiru untuk meja makan rumah Anda. Ini dia tipsnya.

  1. Selalu gunakan meja makan hanya untuk makan saja

Keberadaan meja makan terkadang sering disalah gunakan oleh beberapa orang. Mereka beranggapan bahwa meja makan bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya meja belajar, menaruh barang, dan sekaligus meja untuk mengerjakan p ekerjaan pada laptop. Tentu hal ini bisa membuat meja makan terasa penuh dan menjadi tidak nyaman bila digunakan untuk makan. Sebaiknya, fungsikan meja makan sebagaimana fungsinya yakni hanya sebagi meja untuk menyajikan hidangan yang akan dimakan bersama seluruh anggota keluarga.

  1. Menyediakan tempat penyimp anan di dekat meja makan

Meja makan juga terkadang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan suatu barang. Hal ini membuat meja terkesan penuh dan sesak. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk menyediakan tempat penyimpanan tersendiri di dekat meja makan. Misalnya penyimpanan piring, sendok, gelas dan lain sebagainya yang memang dibutuhkan saat akan makan.

  1. Memasang table runner

Memasang table runner atau taplak meja menjadi salah satu cara untuk menjaga agar selalu tampak rapi dan teratur. Tidak hanya melindungi meja makan dari goresan dan lain sebagainya, namun juga menambah nilai estetika dari meja makan yang mungkin memang sudah tampak kusam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan vas bunga, lilin dan hiasan lain untuk menambah kesan indah pada meja makan.

  1. Selektif memilih bahan meja makan

Apabila Anda tidak ingin menggunakan table runner, Anda bisa memilih bahan yang berkualitas baik untuk meja makan Anda. Biasanya meja makan yang terbuat dari kaca dan marbel biasanya merupakan pilihan yang terbaik dan memiliki sifat yang mudah dibersihkan. Meskipun demikian, ketika ingin menggunakan meja makan yang berbahan dasar kaca, maka harus lebih berhati-hati karena mudah pecah. Hindari menempatkan hiasan yang berat sehingga membuat meja kaca mudah retak.

  1. Selalu bersihkan setelah makan

Langkah terakhir agar meja makan selalu rapi ialah selalu membersihkan meja makan setelah selesai digunakan. Bersihkan sisa-sisa piring kotor, serta sisa makanan yang memang belum habis. Simpan kembali ke lemari makanan atau tempatkan pada meja lainnya. Bersihkan juga tempat untuk lauk, buah ataupun sayur, sehingga meja makan kembali tampak rapi.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba agar meja makan selalu rapi dan nyaman untuk keluarga. Anda bisa meniru beberapa cara tersebut atau dapat juga mencoba menggunakan inisiatif sendiri sehingga bisa diperoleh hasil yang lebih memuaskan. Selamat mencoba.

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!