5 Tips Memilih Bahan Bangunan Berkualitas

Photo by Mark Potterton on Unsplash

Membangun sebuah bangunan tentunya mewajibkan pemilik untuk menggunakan bahan bangunan yang berkualitas tinggi untuk menjaga keselamatan dan keamanan struktur bangunan. Apabila tidak dipilih dengan cermat, material bangunan yang tidak cocok akan menimbulkan berbagai masalah baik selama proses pembangunan maupun pascapembangunan.

Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada bangunan Anda, bukan? Kalau begitu, simak tips di bawah ini untuk memilih bahan bangunan berkualitas guna menjaga kesolidan struktur bangunan. Selamat membaca!

Pertimbangkan Letak Bahan Bangunan

Langkah pertama, Anda wajib memperhatikan letak bahan bangunan. Apakah material bangunan tersebut akan diletakkan di area terbuka dan terkena paparan sinar matahari langsung? Atau material bangunan tersebut akan terletak di tempat yang lembab? 

Misalnya meletakkan bahan kayu sebagai bahan utama kamar mandi yang lembab, bisa saja menjadi tidak efektif karena sifat kayu yang mudah lapuk. Perawatan kayu pada akhirnya harus mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra, dan menimbulkan ketidakefisienan material. Maka dari itu, selalu pertimbangkan material yang tepat bersamaan dengan letaknya. Untuk kamar mandi, batu alam adalah contoh bahan bangunan yang tepat.

Pertimbangkan Keawetan Bahan Bangunan

Bahan bangunan yang tidak awet hanya akan menambah biaya perbaikan saja. Maka dari itu, selalu cari tahu track record suatu material bangunan apabila digunakan pada wilayah Anda. Suhu dan cuaca suatu daerah sangat memengaruhi keawetan suatu material. Maka dari itu, cobalah bertanya kepada ahli atau profesional yang bersangkutan dengan arsitektur di wilayah Anda ingin membangun.

Sebagai contoh, apabila Anda berada di Jogja dan ingin memahami material apa yang awet untuk bangunan di Jogja, maka Anda dapat bertanya dan berkonsultasi dengan jasa arsitek di Jogja, yang salah satunya adalah Jogja Arsitek.

Cocokkan Bahan Bangunan dengan Fungsi Bangunan

Apabila bangunan Anda difungsikan sebagai hunian, gunakanlah material bangunan yang pada umumnya digunakan sebagai bahan-bahan penyusun struktur hunian. Namun, apabila Anda ingin membangun gedung, tentunya ada pertimbangan lebih terkait material yang cocok. Misalnya Anda ingin menggunakan kayu sebagai struktur gedung Anda, tentunya itu akan membahayakan keselamatan penggunanya. Maka dari itu, digunakanlah beton dan baja untuk membangun struktur gedung.

Pemilihan bahan yang tidak cocok dengan fungsi bangunan hanya akan membahayakan kelangsungan aktivitas pada bangunan tersebut. Selalu pertimbangkan untuk apa bangunan dibuat, berapa orang yang akan mengisi bangunan dalam satu waktu, dan aktivitas apa yang akan terjadi dalam suatu bangunan.

Jangan Cepat Tergiur Bahan Bangunan Murah

Memang pada dasarnya Anda harus realistis dalam hal biaya bangunan. Namun, jangan sampai realistis itu kelewat batas. Selalu survei dan bandingkan harga antar penyedia material. Apabila ada yang harganya lebih murah, coba langsung cek kualitasnya. Apakah mutu dari material bangunan tersebut sesuai standar? Atau malah itu produk dengan mutu di bawah standar?

Jadi, jangan sampai Anda malah mengeluarkan biaya lebih karena material bangunan yang telah dibeli malah tidak layak digunakan untuk bangunan Anda. Selalu gunakan metode pertimbangan dan perbandingan saat memilah dan memilih bahan.

Berdiskusi dengan Ahli Material Bangunan

Menentukan bahan bangunan sendiri tanpa ilmu yang cukup bisa saja membuat Anda kena tipu oleh penyedia bahan. Maka dari itu, selalu konsultasikan dengan ahli bangunan seperti arsitek dan juga insinyur struktur untuk memastikan bahwa material yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan bangunan Anda.

Jika takut salah, cobalah minta pendampingan mereka saat memilih material bangunan yang cocok. Anda tidak perlu khawatir karena mereka pastinya memiliki networking yang luas dengan para penyedia bahan bangunan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari toko material yang terpercaya.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa arsitek berkompetensi tinggi adalah Jogja Arsitek. Perusahaan yang berdomisili di Jogja ini memiliki networking yang luas dengan bekerja bersama puluhan ahli dan profesional. Selain itu, mereka juga sudah berpengalaman selama sepuluh tahun dengan ratusan klien yang puas dengan kinerjanya. Jadi, bagi Anda yang masih bimbang perihal bahan bangunan, coba segera hubungi Jogja Arsitek!

Bagikan Artikel
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami
Jogja Arsitek
Halo. Dengan Jogja Arsitek. Kami akan mewujudkan desain bangunan impian Anda. Silakan kirim pesan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami!