Tips Menata Furniture Ruang Keluarga

Tips Menata Furniture Ruang Keluarga

contoh ruang tamu mewah

Kehangatan dan keutuhan sebuah keluarga merupakan hal yang diidamkan oleh semua orang. Jadi tidak heran bahwa disetiap rumah menyediakan ruangan khusus yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga.

Maka dari itu diperlukan tips menata ruang keluarga agar suasana menjadi lebih hangat dan nyaman. Ruang keluarga merupakan area berkumpul dan santai bersama yang acap kali digunakan, seperti ngobrol santai di pagi hari. Ruang keluarga biasanya diisi berbagai perabotan seperti TV, sofa atau kursi dan meja.

Ruang keluarga memegang peranan penting pada sebuah rumah. Ia bisa menjadi area tempat berkumpul dengan keluarga  yang dating berkunjung. Apapun itu, setiap orang tentu menginginkan ruang keluarga yang nyaman dengan visual yang menarik.

Terkadang saat kita telah membeli furniture untuk ruang keluarga, kita malah melihatnya sebagai sesuatu yang kurang menarik dan tak terasa nyaman saat digunakan. Seolah ada sesuatu yang salah, tetapi kita tidak benar-benar tahu kesalahan itu ada di mana.

Untuk membantu Anda memahami segala hal mengenai penataan furniture di ruang keluarga, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Pastikan Jumlah Furniture Pas, Tidak Terlalu Banyak dan Tidak Terlalu Sedikit

Barang-barang yang ada di ruang keluarga idealnya memakan 30%-50% area dari luas keseluruhan lantai. Sisa 50%-70% area digunakan untuk kebutuhan sirkulasi.Tanpa adanya sirkulasi yang cukup, ruang keluarga bisa terasa sesak dan menjadi tidak nyaman.

Supaya terlihat nyaman, ruang keluarga membutuhkan beberapa furnitur yang sesuai. Furnitur tersebut dapat disesuaikan dengan desain interior yang Anda gunakan. Posisi furnitur juga berpengaruh terhadap kenyamanan yang dibangun untuk ruang keluarga ini. Anda bisa memilih sofa dengan bentuk letter U ataupun memanjang.

Apabila ruang keluarga yang Anda miliki tidak besar, maka Anda tidak bisa meletakkan furniture yang terkesan besar dan berat ke dalam ruangan. Pilih furniture yang terkesan langsung dan kurus. Trik ini dapat memanipulasi ruang keluarga Anda agar terlihat luas, meski Anda meletakkan cukup banyak barang di sana.

Aturan ini pun berlaku sebaliknya. Apabila ruang keluarga Anda memang luas, Anda bisa memilih furniture yang tersedia untuk membuat Anda jadi jauh lebih fleksibel.

  • Ciptakan Kesan Luas pada Ruangan

Untuk Anda yang memiliki ruang keluarga yang sempit, terkadang bertanya bagaimana cara menata ruang keluarga yang sempit? Meskipun ruangan sempit, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada trik untuk mengakalinya. Anda bisa menambahkan cermin di ruang keluarga untuk menampilkan kesan ruangan yang tampak luas.

Namun juga perlu memperhatikan dalam peletakkan furnitur. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jika Anda memiliki luas ruangan yang sempit maka hindari menggunakan furnitur yang berlebihan. Semakin banyak furnitur yang ada, ruang keluarga akan terlihat semakin sempit dan pengap. Pastikan bahwa ada rongga yang cukup untuk bergerak.

 

  • Pilih Karpet Berukuran Ideal untuk Ruang Keluarga

Penggunaan karpet bertujuan untuk mempertajam perbedaan antara satu area dengan area yang lain. Apabila Anda meletakkan rug yang hanya bisa mencakup area di bawah meja, maka ruang keluarga Anda akan terasa out of scale.

Karena area ruang keluarga Anda terdiri dari sofa, kursi, dan meja, maka peletakkan karpet idealnya berada di bawah setiap furniture tersebut. Karpet yang besarnya melebihi furniture yang ada di sebuah ruangan akan membuat ruang tersebut terlihat lebih luas.

  • Perpaduan Warna

Gunakanlah warna-warna yang netral untuk membuat kesan hangat pada ruang keluarga ini. Anda bisa menerapkan warna pastel untuk dinding sofa, karpet, gorden, dan komponen lainnya. Seperti yang ada di dalam prinsip desain dalam arsitektur, Anda harus memperhatikan aspek kesatuan dan harmonisasi, keseimbangan, irama, komposisi, proporsi, maupun kesatuan (unity).

  • Sesuaikan Pencahayaan Ruangan

Memperbaiki pencahayaan bisa jadi cara yang tidak mahal untuk meningkatkan nilai estetika keseluruhan ruang keluarga. Ia pun dapat memberikan suasana yang nyaman dan elegan. Biasanya, warna lampu yang paling direkomendasikan untuk ruang keluarga agar memberikan kesan cozy adalah soft white (2700-300 kelvin). Lampu juga merupakan elemen ruang yang paling sering terlupakan. Padahal, elemen ini sangat fleksibel karena bisa dibawa pindah ke mana-mana.

  • Dekorasi Dinding

Tips menata ruang keluarga berikutnya ialah dengan menambahkan dekorasi dinding. Dekorasi dinding ini juga memiliki peran yang cukup penting untuk membangun suasana yang hangat dan nyaman di ruang keluarga. Meskipun pada konsep minimalis hiasan dinding ini tidak terlalu banyak digunakan, namun memasang lukisan atau bingkai foto juga diperbolehkan. Anda bisa memasang foto keluarga dengan bingkai yang polos.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak mengatur tata letak furniture di ruang keluara Anda. Apabila Anda masih membutuhkan bantuan profesional dalam mengatur tata letak ruangan, Anda bisa menggunakan online room planner atau meminta bantuan seorang professional interior designer.

Anda bisa mencoba beberapa penataan ruangan yang berbeda untuk disesuaikan dengan selera Anda. Apabila Anda menyukai cara tradisional, Anda bisa menggambar denah ruang keluarga menggunakan graph paper. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan pengukurannya agar tidak mengalami ketidak sesuaian ukuran saat menggambar perabotan di dalam ruangan.