Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Genteng Rumah

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Genteng Rumah

Membangun rumah bukan hanya sekedar diperoleh hasil akhir yang indah atau tampilan fasad yang megah. Namun juga perlu diperhatikan mengenai material bangunan dan furniture yang digunakan.

Misalnya genteng yang tahan bocor, pintu dengan bahan yang tidak mudah memuai, pondasi yang kuat, keramik yang tidak mudah menggembung dan lain sebagainya.

Bayangkan jika genteng di rumah Anda mudah bocor, sehingga Anda harus bersusah payah membersihkan lantai setiap kali hujan turun. Tentu hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman bukan?

simulasi rumah minimalis
Photo by Jacques Bopp on Unsplash

Perihal genteng rumah perlu dipilih yang berkualitas terbaik. Tahan terhadap perubahan cuaca serta memiliki metode perawatan yang relatif mudah. Saat ini terdapat berbagai macam jenis genteng yang tentunya juga dari berbagai macam bahan.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di sinilah Anda harus pintar-pintar memilih genteng yang cocok untuk rumah Anda, baik dari segi kualitas maupun nilai estetikanya.

Sebelum memutuskan untuk membeli genteng, simak dulu yuk beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih genteng untuk hunian Anda.

  • Budget tersedia

Budget biasanya menjadi kendala dalam membeli apapun terkait kebutuhan hidup manusia. Oleh sebab itu, pertimbangan pertama dalam membeli genteng untuk rumah Anda ialah biaya. Pilihlah genteng dengan harga yang sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan sebelumnya. Pastinya dengan kualitas yang bagus. Jangan hanya karena tergiur harga murah, Anda rela membeli genteng di bawah kualitas padahal budget yang dianggarkan masih tersisa. Pilihlah genteng yang aman, tahan lama dengan biaya wajar dan masih masuk dalam anggaran biaya Anda.

  • Aspek keindahan/estetika

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya ialah nilai estetika/keindahan. Banyak orang beranggapan bahwa genteng tidak perlu bagus-bagus, yang penting bisa melindungi isi rumah dari teriknya matahari, terpaan angina dan guyuran hujan. Hingga pada akhirnya mengesampingkan segi keindahan, misalnya dipilih genteng dengan warna yang bertabrakan dengan warna eksterior rumah. Tentu saja hal ini menurunkan nilai keindahan. Oleh sebab itu, pilihlah yang cocok dengan konsep hunian Anda. Bila konsep hunian monokrom ataupun klasik, Anda dapat membeli genteng dengan warna dan bentuk yang sesuai dengan konsep monokrom maupun klasik.

  • Bahan baku yang digunakan

Bahan baku menjadi tolok ukur yang penting dalam memilih genteng untuk rumah. Pilihlah yang awet dan tahan lama, serta tidak mudah mengalami kebocoran. Selain itu, pilih genteng yang memiliki perawatan mudah.

  • Berat genteng

Sebaiknya genteng yang dipilih tidak terlalu berat, karena akan berpengaruh terhadap kekuatan rangka atap rumah Anda. Misalnya bila rumah Anda menggunakan kerangka atap baja ringan ketebalan 0,75 – 1 mm, usahakn Anda memilih genteng dengan berat tidak lebih dari 40 kg.

  • Melakukan pengujian kebocoran terlebih dahulu sebelum membeli

Sebelum Anda yakin akan membeli genteng pilihan Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa genteng tersebut tidak mudah mengalami kebocoran. Sebaiknya Anda melakukan pengujian kebocoran terlebih dahulu. Dapat dilakukan dengan menyiramkan air pada genteng. Jika da rembesan, maka dapat dipastikan bahwa kualitas genteng tidak baik. Karena rembesan tersebut bisa menjadi jembatan pertama kasus kebocoran genteng.

Itulah beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum memilih genteng rumah Anda. Ada dapat membuat suatu tolok ukur sendiri sesuai keinginan Anda, agar genteng yang dipilih sesuai untuk konsep hunian Anda.

Selain itu, berdiskusi ataupun mencari info-info mengenai karakter genteng yang kuat dan bagus bisa menambah wawasan sekaligus pertimbangan Anda dalam menentukan genteng rumah.