Langkah dan Solusi Mudah Menata Ruangan Rumah Minimalis

Langkah dan Solusi Mudah Menata Ruangan Rumah Minimalis

Membuat keputusan membangun rumah di lahan yang sempit bukanlah perkara yang mdah. Berbagai pertimbangan dan perencanaan yang matang sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang ingin membangun rumah, tapi hanya lahan sempit yang dipunya, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Pada lahan-lahan tersebut Anda masih tetap dapat mendirikan sebuah bangunan yang nyaman dan menarik.

Banyak arsitek yang telah memiliki ide-ide dan konsep yang mumpuni, terutama untuk desain rumah di lahan sempit. Anda dapat menggunakan konsep minimalis untuk hunian impian Anda. Bisa juga dengan membuat hunian bertingkat, sehingga dapat tetap memiliki banyak ruang untuk kebutuhan Anda.

simulasi rumah
Photo by Kara Eads on Unsplash

Berikut beberapa solusi yang mungkin dapat menjadi referensi dalam mendirikan bangunan di lahan sempit.

  • Melakukan pemanfaatan sudut lahan

Sudut-sudut lahan dapat dimanfaatkan sebagai taman hijau, yang nantinya dapat menambah kesegaran suasana rumah. Selain sebagai taman hijau, sudut lahan juga bisa dibuat tempat bersantai ataupun tempat kerja WFH (Work From Home) berukuran minimalis. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa bosan, karena tidak selalu melakukan aktivitas di dalam rumah, namun juga di luar rumah

  • Memilih penggunaan compact furniture

Ketika ingin mengisi ruangan dengan furniture, hendaknya memilih compact furniture agar tidak ribet dalam penyimpanan dan muda untuk dipindahkan. Compact Furniture juga mampu memberikan kemudahan dalam menyimpan berbagai perabot untuk kebutuhan rumah tangga.

  • Membuat konsep split level

Konsep ini merupakan metode menipulasi ruangan, sehingga tampak lebih luas. Split level bisa menggunakan pintu kaca, sehingga ruangan bisa terbagi menjadi beberapa namun masih tetap terkesan luas dan elegan. Biasanya pemisah ruang makan dengan ruang keluarga bisa menggunakan pintu kaca.

  • Memilih pembuatan desain langit-langit yang tinggi

Dilakukan dengan memberikan jarak yang lebih jauh atau lebar antara lantai dengan langit-langit rumah, sehingga tampak lebih luas ketika dipandang. Terkadang jika jarak langit-langit rumah terlalu pendek, kita mudah merasa bosan karena mata kita hanya bisa memandang dengan terbatas. Bila langit-langit lebih tinggi dan ruangan relatif sempit maka kita tetap dapat memandang dengan luas

  • Agar lebih estetik, dapat dilakukan pemilihan warna-warna yang cerah

Hindari penggunaan warna-warna yang gelap pada ruangan yang sempit karena akan menimbulkan kesan suram dan sempit. Misalnya untuk kamar berukuran kurang dari 3×3 m dindingnya dicat warna abu-abu metalik, tentunya hal tersebut membuat kamar terasa agak suram dan sempit. Kondisi tersebut dapat membuat mata kita lelah memandang dan mudah merasa jenuh. 

Sebaiknya, menggunakan warna-warna yang cerah seperti putih, abu-abu muda mendekati putih dan lain sebagainya. Anda masih bisa memodifikasi ruangan dengan menambahkan beberapa furniture dengan warna yang lebih kontras untuk menambah kesan estetik.

Berikut beberapa tips untuk mengatur ruangan yang sempit agar tampak lebih luas. Anda bisa mencoba metode ataupun trik lainnya sekreatif Anda. Yang lebih penting Anda perlu mendiskusikan terlebih dahulu dengan seluruh anggota keluarga, agar sesama merasa nyaman dalam menghuni rumah.

Selain itu, Anda juga bisa mendikusikannya dengan jasa arsitek terkait dengan penataan interior hunian impian Anda agar lebih sesuai dengan keinginan Anda. Selamat berkreasi untuk hunian ternyaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *