Perkembangan Tren Desain Interior yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan Tren Desain Interior yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia ini terasa begitu cepat. Bahkan beberapa bidang, benda, hingga item yang dipakai di keseharian seseorang semakin berubah drastis dari tahun ke tahun. Semua imbas dari teknologi generasi 4.0 juga dirasakan dalam bidang desain interior. 

Tak jarang dari tahun ke tahun justru akan ditemui desain-desain interior yang mengejutkan dan tentunya menarik. Konsep-konsep yang lebih fresh dan elegan semakin penuh ide sehingga membuat penghuni rumah betah untuk berlama-lama di dalam rumah.

jogja arsitek
Photo by Alberto Castillo Q. on Unsplash

Adanya perkembangan tersebut juga merupakan suatu bentuk penyempurnaan dari model dan konsep interior sebelum-sebelumnya. Kosep bisa berubah melalui permainan furniture, perpaduan warna, hingga modifikasi model ruangan misalnya konsep interior pada rumah split level. Selain itu, melalui penambahan-penambahan beberapa elemen dekoratif juga bisa menjadi salah satu inspirasi dalam perkembangan desain interior. Kunci utama dari perkembangan desain interior ialah mobilitas dan fleksibilitas.

Ingin tahu perkembangan desain interior dari tahun ke tahun? Simak yuk tren perkembangan berikut ini.

  1. Desain Kamar Mandi Minimalis

Awal desain interior kamar mandi hanya sebatas bisa difungsikan sebagai kamar mandi. Oleh sebab itu, ukuran dan furniture lainnya juga menyesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang ada. Sampai ke beberapa periode, desain interior kamar mandi semakin lebih diperhatikan. Tidak hanya sebatas ukuran saja, namun juga detail dari furniture yang digunakan. Selain itu, segi kenyamanan maupun keindahan juga penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, kini desain interior kamar mandi semakin estetik dan mengalami benyak perubahan sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

  1. Furniture Sistem Modular

Modular dapat diartikan sebagai tren masa depan. Hal ini tentunya akan sangat dipengaruhi oleh kebutuhan akan sebuah inovasi dengan dukungan teknologi masa kini. Bisa juga furniture interior mengikuti perkembangan teknologi digital sehingga semakin canggih dan memanjakan penghuni rumah. Furniture jenis ini bukan hanya berkaitan dengan fungsi, namun juga kreativitas dan berbagai inovasi yang mungkin untuk melengkapi keindahan suatu ruangan.

  1. Rumah Ukuran Mini

Gaya ini sangat cocok untuk gaya hidup urban dewasa ini. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer interior. Mereka akan mencari dan menemukan style guna memodifikasi, sehingga ruangan bisa mencukupi untuk dilengkapi dengan furniture pastinya tanpa mengabaikan sisi estetika dan kenyamanan penghuni rumah. Para desainer harus memutar otak sedemikian rupa hingga diperoleh hasil yang menawan meski dengan space yang terbatas.

  1. Tren Perubahan Warna

Awalnya banyak digunakan warna-warna interior yang soft dan lembut, namun memberikan kesan elegan sekaligus. Akan tetapi, saat ini warna-warna fresh dan berani mulai banyak digunakan. Tak jarang mereka memadupadankan berbagai warna, hingga diperoleh kombinasi menarik, segar tanpa membuat lelah mata yang memandang.

Itulah beberapa perkembangan desain interior yang perlu Anda ketahui. Masih banyak perkembangan lainnya yang tidak bisa dibahas dan didetailkan satu per satu. Anda bisa mencoba dan meniru ide desain interior yang ada untuk mengupgrade ruangan Anda agar lebih nyaman, estetik dan sesuai dengan gaya Anda.