Tips Cerdas Membeli Rumah Di Usia Muda

Tips Cerdas Membeli Rumah Di Usia Muda

Memiliki rumah di usia muda pasti sangat diimpikan oleh setiap orang. Akan tetapi, kita pasti akan beranggapan bahwa hanya anak-anak orang kaya saja yang bisa memiliki rumah di usia muda. Bagi kita yang hidup berkecukupan, mungkin masih merasa sulit untuk bisa memiliki hunian sendiri di usia muda. Hal ini biasanya karena terdesak oleh banyak kebutuhan lainnya. Sebenarnya kita bisa saja memiliki rumah di usia muda. Namun kita harus memiliki perencanaan dan alokasi keuangan dengan tepat, agar keinginan memiliki hunian di usia muda tercapai.

Photo by Sieuwert Otterloo on Unsplash

Kita perlu berpikir positif dan membuang anggapan bahwa memiliki rumah di usia muda itu tabu. Keinginan tersebut masih akan tercapai bila kita berusaha dengan baik. Kita juga harus menjadi anak muda yang cerdas dalam. Kita bisa mulai merencanakan apa saja yang kita inginkan dan memulai menabung. Mungkin buat Anda yang ingin memiliki hunian di usia muda tapi masih bingung bagaimana mungkin itu bisa terjadi, simak yuk tips berikut ini.

  • Menentukan budget dan mencatat kebutuhan dana

Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah mulai menyusun anggaran yang dibutuhkan. Kita ingin desain rumah yang seperti apa, luasan berapa, perabot apa saja dan interior yang seperti apa. Kebutuhan tersebut di list satu per satu untuk kemudian di cari tahu perkiraan biayanya. Total biaya yang dihasilkan ialah biaya yang harus disiapkan untuk bisa membeli rumah yang diinginkan.

  • Mulai menabung

Setelah kita mengetahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan, langkah selanjutnya ialah mulai menabung. Sedikit demi sedikit perlu menyisihkan uang hasil kerja maupun bisnis yang ditekuni untuk target masa depan. Kita bisa mulai memasukkan uang secara rutin ke dalam tabungan. Mengingat biaya desain rumah tidaklah sedikit, maka kita perlu merencanakan keuangan kita sedini mungkin.

  • Mulai mencari penghasilan tambahan

Mengandalkan hasil kerja dari salah satu sumber saja mungkin masih tidak cukup untuk dapat memenuhi keingingan memiliki hunian. Kita perlu mendapatkan sumber penghasilan lainnya, sehingga bisa menambah simpanan.

  • Memulai investasi

Langkah selanjutnya ialah melakukan investasi. Daripada menabung, nilai uang akan bertambah bila diinvestasikan. Ini termasuk cara cerdas yang bisa dilakukan oleh kalangan muda. Banyak pemuda-pemuda bahkan mahasiswa sudah memulai mencicil untuk investasi, baik saham maupun property. Kita bisa mulai mencicil sedikit demi sedikit dan kita akan menikmati hasilnya suatu saat nanti. Hasil dari investasi juga dapat menjadi dana cadangan untuk membeli rumah.

  • Menerapkan gaya hidup hemat

Langkah terakhir ialah memulai gaya hidup hemat. Anak muda biasanya ingin membeli banyak hal yang terkadang belum dibutuhkan. Bahkan hanya karena gengsi. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu karena kita bisa hidup apa adanya. Kita perlu mulai mencoba meninggalkan gaya hidup boros agar lebih bermanfaat untuk masa depan kita. Mengurangi pembelian barang-barang yang tidak terlalu penting ataupun membiasakan diri makan makanan tidak harus di resto mahal merupakan salah satu cara menerapkan gaya hidup hemat. Mau seberapa hemat kita bergantung pandangan tiap orang, karena kita sendiri yang mampu memberi pembatasan pada diri sendiri.

Ulasan di atas ialah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa membeli rumah di usia muda. Anda juga bisa mencoba tips lainnya yang mungkin menurut Anda leih relevan dengan kondisi Anda. Tips dan trik ini juga bisa Anda dapatkan dari keluarga, teman atau sahabat dan pasangan Anda. Yuk mulai merencanakan masa depan dari sekarang, agar hari tua nanti lebih nyaman dan bahagia.