Apa Saja Keuntungan Memiliki Rumah Pinggir Kota?

Pernahkah Anda berpikir untuk memiliki hunian yang terletak di daerah perkotaan? Atau memang sengaja sedang ingin membangun rumah di kota? Bukan pilihan yang buruk untuk memiliki hunian di kota.

Berbagi nilai manfaat akan Anda dapatkan ketika mulai membangun rumah di kota. Mulai dari kemudahan akses dan lain sebagainya. Tentu membuat Anda lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas karena daerah perkotaan umumnya memiliki fasilitas yang lengkap. Sinyal lancar, transportasi lancar dan lain sebagainya.

Namun ada hal yang menarik yaitu beberapa orang justru lebih memilih untuk membangun ataupun membeli rumah di pinggir kota. Biasanya kota cenderung macet dan ramai. Justru sebagian orang tidak menyukai hal tersebut.

Lalu, sebenanrya apa saja sih keuntungan memiliki rumah di pinggir kota?

Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
Photo by R ARCHITECTURE on Unsplash
  1. Harga Lebih Terjangkau

Keuntungan yang paling terlihat ialah harga bangunan maupun tanah yang lebih murah dibanding lokasi lainnya. Meskipun sebenarnya tidak murah-murah amat, namun lebih terjangkau dan masuk akal daripada membeli rumah di daerah pusat kota. Biasanya dipilih oleh para pasangan baru menikah yang menginginkan rumah baru dnegan harga relatif murah. Kelebihan lain ialah fasilitas umum juga cukup mudah dijangkau.

  1. Transportasi Cukup Memadai

Keuntungan selanjutnya yang bisa dirasakan saat membangun rumah di pinggir kota ialah akses transportasi yang cukup lengkap. Jaraknya yang mungkin cukup dekat dengan pusat kota, membuat ragam media transportasi tersedia lumayan komplet. Dibandingkan di pedesaan, rumah di pinggiran kota memiliki sistem transportasi umum dan media jalan yang terbilang mutakhir.

  1. Bisa Untuk Investasi Jangka Panjang

Banyak orang mengatakan memiliki hunian di pinggir kota bisa untuk investasi jangka panjang. Mereka menganggap lokasi tersebut merupakan aset terbaik untuk berinvestasi property. Dari tahun ke tahun nilai jual ase property semakin meningkat, tak jarang harga rumah pinggir kota juga ikut melambung tinggi.

  1. Memiliki Fasilitas Umum Yang Lengkap

Meskipun lokasi dipinggiran kota, namun fasilitas umum tetap lengkap dan memadai. Tidak sulit bagi penduduk setempat untuk menemukan fasilitas seperti atm, sekolah, dan lain sebagainya. Hal ini membuat orang lebih memilih untuk membeli ataupun membangun rumah di pinggiran kota.

  1. Relatif Lebih Nyaman

Jika di kota terkadang merasa kurang nyaman dengan kondisi jalanan yang macet dan lain sebagainya. Ketika memilih dipinggir kota akan lebih terasa nyaman karena belum begitu ramai, namun masih bisa menjangkau tempat-tempat yang ingin kita tuju dengan mudah.

  1. Biasanya Lebih Hijau

Daerah kota biasanya ramai dan tidak banyak ruangan hijau karena memang sudah padat dengan bangunan-bangunan lainnya. Sementara apabila memilih hunian di pinggir kota masih banyak ruang terbuka hijau, sehingga suasananya akan lebih sejuk. Tentunya kondisi ini lebih membuat nyaman karena suasana yang segar dibandingkan perkotaan.

  1. Cenderung Memiliki Potensi Bisnis Besar

Beberapa orang memilih membeli perumahan ataupun gedung lainnya dipinggir kota karena murah namun memiliki potensi bisnis yang masih cukup besar. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kemudahan akses, menjadikan pinggiran kota cukup menjanjikan sebagai ladang investasi property.

  1. Mudah Untuk Ditemukan

Tanah kavling dan perumahan di pinggiran kota biasanya lebih mudah untuk ditemukan karena jumlahnya yang masih relatif lebih banyak dibandingkan perkotaan. Ditambah lagi harganya terjangkau, sehingga banyak orang yang mencari serta menjualnya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh bila memilih dan memiliki hunian di pinggiran kota. Banyak nilai positif yang bisa diambil dari memiliki hunian dipinggiran kota. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perumahan di pinggir kota dari website maupun sosial media. Semoga bermanfaat.