Ini Dia Trend Desain Arsitektur 2022

Desain arsitektur dari tahun ke tahun selalu berkembang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Makin canggih teknologi, maka bentuk-bentuk desain yang unik dan eststik dari sebuah bangunan semakin berkembang.

Bila berbicara mengenai “tren” pasti berkaitan dengan hal-hal yang terkenal dan paling banyak dijumpai di kalangan masyarakat. Termasuk juga salah satunya di bidang arsitektur. Banyak terjadi perubahan tren desaind ari waktu ke waktu. Tren yang paling anyar ialah gaya arsitektur tahun 2022.

Photo by Marc-Olivier Jodoin on Unsplash
Photo by Marc-Olivier Jodoin on Unsplash

Beberapa orang menganalisis bila 2022 lebih banyak didominasi oleh bangunan-bangunan dengan arsitektur green design. Mereka beranggapan bahwa semakin bertambah tahun area terbuka hijau justru semakin berkurang. Oleh sebab itu, konsep green design bisa menjadi salah satu solusi untuk mulai memperbanyak area terbuka hijau. Selain itu, ada tren lain yang tidak kalah menarik dari green design. Apa saja? Simak yuk uraian berikut .

  1. Multifunction Space

Konsep ini berkaitan dengan ruangan yang memiliki fungsi ganda dan cukup bertolak belakang. Istilah tersebut dinamakan multifunction space yang mana satu ruangan memiliki fungsi yang berbeda. Anda harus mendesain sedemikian rupa, sehingga diperoleh suatu ruangan yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Misalnya ruang makan bisa berubah fungsi menjadi ruang kerja. Tentu hal ini agak sulit dibayangkan akan seperti apa desain yang perlu dituangkan. Namun, seiring berkembangnya ilmu dan kreativitas arsitek, hal tersebut bisa diwujudkan.

  1. Fokus Pada Tekstur dan Elemen Bersifat Natural

Arsitektur modern saat ini memiliki ciri khas yang lugas, tegas dan dipenuhi garis horizontal maupun vertikal. Semua hal tersebut ada dalam semua desain-desain arsitektur modern. Saat ini, di 2022 kelugasan tersebut bukan lagi hal yang penting. Beberapa justru terlihat mulai memudar dan semua ruangan terlihat lebih fleksibel.

  1. Fun Foyer

Foyer ialah suatu area transisi dari pintu utama ke jantung rumah. Bisa juga merupakan area penyambut tamu. Istilah ini umum di Eropa ataupun Amerika. Jika di Indonesia lebih umum dengan istilah area depan sebagai ruang tamu. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu ruang tamu lebih banyak tidak terpakai. Bahkan kadang justru menjadi tempat menaruh barang. Bila ada keluarga atau kerabat yang datang akan langsung diarahkan ke dining room.

Itulah beberapa tren arsitektur yang akan lebih banyak tampil di 2022. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam membangun rumah.